Giliran Bandara di Maluku Utara Terus Digenjot Pembangunannya

Giliran Bandara di Maluku Utara Terus Digenjot Pembangunannya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Upaya pemerintah untuk meningkatkan akses menuju di berbagai tempat di sejumlah Provinsi melalui jalur udara dengan membangun beberapa Bandara di Indonesia terus dilakukan.

Seperti halnya yang dilakukan pemerintah bersama Kementerian Perhubungan berencana untuk membangun Bandara Loleo di wilayah Maluku Utara.

Bandara tersebut akan dibangun dengan pendanaan kreatif non-APBN. Oleh sebab itu, Pemerintah akan melibatkan pihak swasta dalam pembangunan tersebut.

Seperti yang dilakukan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pihaknya mengajak pihak swasta untuk membangun Bandara melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

BACA JUGA:Terbaru, Bandara Syamsudin Noor Segera Miliki Akses Jalan Baru, Persiapan Anggaran Rp 462 Miliar

Sementara pemerintah daerah akan melakukan pembebasan lahan.

Rencana tersebut disampaikan langsung Budi usai meninjau lokasi pembangunan Bandara di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, pada Jumat, 15 September 2023.

Adapun calon lokasi untuk di buatkan bandara baru ini terletak di Desa Aketobololo, sekitar 23 kilometer dari Kota Sofifi, Ibukota Maluku Utara.

Budi mengatakan bahwa hari ini kita ke Loleo, Provinsi Maluku Utara, kita merencanakan akan membangun satu bandara yang melengkapi Ibukota Maluku Utara yaitu Sofifi

BACA JUGA:Ini Daftar 94 Pekon-Kelurahan di Lampung Barat Tak Kunjung Lunasi PBB-P2 Tahun 2023

Tambahnya Bandara Loleo di Maluku Utara ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 400 hektar, dengan panjang runway 2.400 meter dan lebar 45 meter.

Harapanya tambah Budi lagi, adanya bandara baru Loleo ini akan semakin mendukung transportasi di Maluku Utara, khususnya Kota Sofifi.

Selain itu, sambung Budi, pariwisata yang merupakan Cbandalan dari Maluku Utara bisa dilakukan, para investor yang akan melakukan kegiatan penambangan mendapatkan bandara yang proper, dan bandara baru dapat digunakan untuk penerbangan haji.

Berdasarkan informasi yang beredar menyebutkan Lokasi calon bandara baru ini terletak di Desa Aketobololo, atau sekitar 23 km dari Kota Sofifi yang merupakan Ibu Kota Maluku Utara", ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: