Kemendesa PDTT Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Lewat Program BUMDes

Kemendesa PDTT Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Lewat Program BUMDes

--

BACA JUGA:Nah Lho, Punya Uang Kuno Rp 10 Ribu Ini Bisa Buat Tajir Melintir

Dalam kunjungannya tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhammad, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Halbar Sonny Balatja, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar Charles R Gustan.

Dari sumber lain, sebelumnya, upaya Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengembangkan konsep transmigrasi modern transpolitan mendapatkan apresiasi Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar Gus Imin.

Kemendes PDTT pun diminta menggaet banyak investasi demi mempercepat kesejahteraan para transmigran. Menurutnya, pengembangan kawasan transmigrasi selama ini telah banyak membuka peluang bagi dunia bisnis untuk berinvestasi di wilayah-wilayah tersebut.

Ia mengatakan pada hari kamis 18 Mei 2023, untuk hari ini tadi kita menyaksikan penandatanganan pihak swasta dengan pemerintah untuk terlibat. Kedepan, pemerintah tidak mungkin sendiri hanya mengandalkan APBN. Tentu kita harus inovatif dan kreatif.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Dorong Festival Parekraf Lampung 2023 Dukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia

Pihaknya menambahkan, Saya menyaksikan berbagai kemajuan transmigrasi salah satunya adalah keterlibatan dunia bisnis dan usaha.

Dia meminta dengan adanya transmigrasi modern dapat menyongsong pembangunan transmigrasi lebih cepat dengan merancang dan merumuskan model transpolitan yang lebih baik untuk masa depan Indonesia.

Sama halnya yang di sampaikan, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menuturkan, pelaksanaan Rakornas sangat penting untuk menghasilkan output dan rekomendasi untuk pengembangan program transmigrasi dalam 5-20 tahun mendatang.

Gus Halim menyebutkan, Rakornas ini amat sangat penting karena bersentuhan langsung dengan penyusunan RPJMN dan RPJP.  Adanya program ini  akan sangat memberi warna bagi program transmigrasi di lima tahun hingga 20 tahun yang akan datang.

BACA JUGA:Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh dan Mekar Sempurna di Pekon Tebaliokh

Dalam pembukaan Rakornas tersebut terlaksana penandatangan MoU dengan Kementerian ATR dan BPN terkait percepatan pelaksanaan reforma agraria serta MoU dengan PT Great Giant Food (GGF) tentang dukungan investasi melalui Program Creating Share Values (CSV) di kawasan transmigrasi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: