Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh dan Mekar Sempurna di Pekon Tebaliokh

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh dan Mekar Sempurna di Pekon Tebaliokh

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bunga bangkai raksasa dengan nama latin Amorphophallus Titanum Becc, ditemukan tumbuh dan mekar sempurna di salah satu kebun warga di wilayah Pampangan, Pekon Tebaliokh, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat.

Tumbuhnya salah satu spesies bunga langka itu menarik perhatian warga, sehingga berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk mengabadikan momen atau foto bersama bunga yang merupakan endemik Pulau Sumatera tersebut.

BACA JUGA:Mantap! Realisasi Investasi di Lampung Barat Tembus Rp67,201 Miliar

Kepala Resort TNBBS Balik Bukit Riga Dewangga Riant melalui Petugas TNBBS Wilayah Tebaliokh Supriatna mengatakan, bunga bangkai raksasa itu tumbuh di wilayah marga atau diluar kawasan hutan TNBBS

“Lokasinya di wilayah marga, dan memang penyebaran tumbuhnya bunga ini ada diluar TNBBS. Untuk itu, dengan tumbuhnya bunga ini kami mengimbau masyarakat supaya bisa menjaga dan melindungi puspa langka jenis ini. Karena tidak semua tempat memiliki bunga ini, jadi ini harus menjadi kebanggan kita bersama,” kata Supriatna. 

BACA JUGA:Masyarakat Desa Dalam Kawasan Hutan Lampung Sampaikan Aspirasi ke DPD RI

Untuk selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat pekon setempat agar nantinya umbi dari bunga tersebut dapat dipindahkan ke kawasan TNBBS sembari menunggu bunga tersebut layu.

“Kebetulan kami juga ada plot untuk pengembangan Amorphophallus ini, jadi nanti kalau sudah layu akan kita pindahkah untuk dikembangkan di TNBBS,” imbuhnya.

BACA JUGA:Dana Hibah Urusan Kebudayaan di Lampung Barat Terserap 74.91 Persen

Sementara itu, salah satu pengunjung, Suryadi yang merupakan warga Pekon Tebaliokh mengaku turut bangga karena di wilayahnya dapat tumbuh sebuah bunga yang langka, bahkan dapat mekar dengan sempurna.

“Ya tentunya ini menjadi salah satu kebanggaan untuk kami masyarakat Pekon Tebaliokh. Jika biasanya bunga ini ditemukan tumbuh dalam hutan kawasan atau Kebun Raya Liwa (KRL) tapi kali ini kami bisa lihat di kampung sendiri. Untuk itu harapannya semoga nanti bunga ini bisa tumbuh lagi sehingga warga bisa kembali menikmati keindahannya,” harapnya.

BACA JUGA:Realisasi Pendapatan BLUD di Lampung Barat Capai Rp16,637 Miliar

Untuk diketahui, Bunga bangkai adalah tanaman bunga raksasa yang memiliki aroma khas yang berbau busuk seperti bangkai. 

Bunga bangkai raksasa ini berasal dari hutan hujan Sumatera bagian barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: