Kemendesa PDTT Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Lewat Program BUMDes

Kemendesa PDTT Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Lewat Program BUMDes

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa (Kemendesa) Pembangunan DaerahTertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Taufik Madjid berharap, kolaborasi antar berbagai pihak dapat terus berjalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa.

Menurutnya. Seperti halnya, melalui pemasaran produk hasil panen program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Berdasarkan informasi yang beredar Taufik mengatakan, pihaknya berharap dapat dikelola dengan baik oleh BUMDes sebagai instrumen yang penting dalam hal tersebut, Kamis 7 September 2023.

Hal tersebut disampaikan dalam Kunjungan Kerja ke desa Gamlamo, Halmahera Barat, Senin 4 September 2023.

BACA JUGA:Dosen Universitas Malahayati Lampung Ubah Limbah Kulit Pisang Jadi Kerupuk Kulipang Kaya Manfaat

Dirinya mengatakan, BUMDes sebagai instrumen pengembang usaha dapat berkontribusi secara efektif. Seluruh perputaran uang di desa pun bisa dikelola dengan baik untuk menunjang kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

BUMDes dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan dan diharapkan meningkatkan perekonomian di desa, seperti memperluas pasar produk hasil panen dari program bantuan Tekad.

Oleh sebab itu, pemberian bantuan oleh BUMDes harus berdasarkan aturan yang berlaku, yakni dengan melakukan pengontrolan dan evaluasi melalui fasilitator Tekad dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP).

Ia menegaskan, pihaknya akan selalu mengamati perkembangan setiap demonstration plot (demplot). Dirinya mengaku akan sesuaikan dengan kebijakan, kemampuan, dan pendanaan dari kementerian.

BACA JUGA:Rakernas PJS di Palembang, Ketum DPP Minta Kehadiran Pengurus DPD

Ia menyebutkan untuk pelaksanaannya kami fasilitasi dengan fasilitator Tekad, pendamping desa, dan pendamping lokal desa.

Taufik menambahkan, pembukaan akses pasar akan membantu masyarakat untuk menumbuhkan penjualan dari hasil panen. Serta akses pasar akan dibuka.

Promosi dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi produk hasil panen masyarakat.

Taufik menilai, produk hasil panen di desa Halmahera Barat memiliki potensi yang besar dalam pasar, sehingga bantuan yang diberikan Kemendesa PDTT terasa lebih efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: