Kemenhub Gandeng Swasta untuk Proyek Pembangunan Bandara Singkawang

Kemenhub Gandeng Swasta untuk Proyek Pembangunan Bandara Singkawang

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - upaya untuk mewujudkan keterbukaan aksesibilitas di Kalimantan Barat, khususnya di Singkawang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) bersama PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

Hal tersebut untuk pembangunan dan pengembangan terminal dan sebagian perpanjangan landasan pada Bandara Baru di Singkawang, Kalimantan Barat.

Pembangunan dan pengembangan terminal juga sebagian perpanjangan landasan pada Bandara Baru di Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Tersebut merupakan upaya untuk mendorong konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Jember memiliki Bandara Notohadinegoro Satu-Satunya Perintis yang Dikelola Pemkab

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan dengan skema Corporate Social Responsibility (CSR) dan menjadi bentuk peran aktif pemerintah dalam pendanaan kreatif (creative financing) dengan menggandeng swasta untuk mendorong konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni pada saat penandatangan MoU di Ruang Mulawarman Kantor Kementerian Perhubungan mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dan berkolaborasi untuk memastikan desain, tata letak, serta infrastruktur operasional terminal bandara selaras dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Selasa 12 September 2023.

PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi akan sepenuhnya menjalankan tanggung jawab dalam merancang, membangun, dan memelihara terminal Bandara di Singkawang seluas 8000 m2, yang tentunya dirancang dengan memenuhi standar keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Ia menjelaskan, Bandara yang akan dibangun ini diharapkan siap menjadi motivasi bagi peningkatan kegiatan ekonomi di Singkawang dan sekitarnya, seperti meningkatkan pariwisata, mendorong perdagangan, dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:3 Bandara Termegah di Indonesia, Nomor 1 Bakal Jadi Terbesar se-Asia Tenggara

Ia menambahkan, Ditjen Hubud akan terus melakukan pengawasan terhadap aspek keselamatan dan keamanan di bandara, dan memastikan kepatuhan penuh terhadap standar penerbangan internasional untuk menjamin kesejahteraan semua penumpang, personel, dan pengunjung.

Pihaknya menyatakan optimisme yang besar terhadap upaya kolaboratif ini. Kemitraan dengan PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi tersebut menandakan pandangan dan langkah penting dalam upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur khususnya di Kalimantan Barat.

Terusnya, Bandara yang akan datang ini tidak hanya akan memberikan manfaat masyarakat sekitar Singkawang tetapi juga berfungsi sebagai langkah awal dari kemajuan ekonomi di wilayah Kalimantan Barat.

Sementara Direktur Utama PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi Pui Sudarto mengatakan, akan berkomitmen terhadap MoU ini dengan mengedepankan kualitas dan profesionalisme serta memastikan bahwa terminal bandara Singkawang akan berdiri menjadi simbol pertumbuhan ekonomi di Singkawang dan sekitarnya pada tahun-tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: