Begini Cara Mendidik Anak Perempuan Sesuai Syariat Islam

Begini Cara Mendidik Anak Perempuan Sesuai Syariat Islam

--

BACA JUGA:Jemaah MTBM Bedudu Dapat Bantuan Seragam dari Pekon

Ajarkan anak tentang sifat-sifatnya Allah SWT dan didampingi dengan kisah-kisah islami, sehingga sang anak dapat belajar, tidak bosan dan dapat tertarik untuk mendengarnya. Namun, perlu diingat juga bahwa kecepatan proses pembelajaran tiap-tiap anak itu berbeda-beda, sehingga harus memiliki kesabaran dan sesuaikan dengan kemampuan sang anak.

2. Mengajarkan untuk berdoa

Ajari anak perempuan mengapa pentingnya untuk beribadah kepada Allah SWT yang dimulai dengan hal-hal dasar seperti diajarkan mengucap 'Bismillah' ketika bila ingin melakukan sesuatu, ucapan salam 'Assalamu’alaikum', atau 'Alhamdulillah' ucapan terima kasih atas rasa syukur yang telah Allah beri. 

Dengan mengajarkan anak untuk berdoa, otomatis anak juga akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan memahami bahwa Dia adalah tempat untuk meminta perlindungan.

3. Mengajarkan ibadah sholat, membaca Al-Qur'an 

Sholat ini kewajiban orang muslim yang harus dikerjakan. Sebagai orangtua, sudah semestinya kita untuk mengajari anaknya untuk belajar sholat dan memberikan pengertian.

 BACA JUGA:Pasca Operasi, Dandim 0422 Pantau Perkembangan Penderita Hidrosefalus dan Kanker Mulut

Meskipun kewajiban sholat itu ketika mereka mencapai akil baligh, tetapi sebaiknya ajarkan sang anak untuk sholat sedari dini. Bisa dimulai dariawal seperti tata cara berwudhu, niat sholat, hingga gerakan-gerakan saat sholat. 

Dengan begitu anak akan dapat terbiasa melaksanakan sholat dari kecil, tanpa menunggu waktu akil balighnya.

Sama halnya juga dengan mengajarkan anak membaca Al-Qur’an, daftarkan anak ke TPA terdekat agar anak dapat belajar mengaji dan agama islam lebih dalam lagi bersama guru agama atau ustadz. Sehingga anak perempuan ini dapat menjadi pribadi yang memiliki iman dan taqwa yang kuat.

4. Mengajarkan anak perempuan agar menutup aurat

Pada dasarnya menutup aurat itu salah satu kewajiban bagi setiap muslim, baik bagi pria maupun perempuan, pentingnya untuk mengajarkan anak agar menutup auratnya sejak dini.

BACA JUGA:4.152 KPM di Lampung Barat Terima BLT-DD

Berikan pemahaman mengapa wajib menutup aurat bagi perempuan, berikan pakaian yang sesuai, seperti memakai baju lengan panjang, bawahan panjang, dan penting untuk diperhatikan kenyamanan sang anak juga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: