Terkait Fasilitas Wisata di Kepulauan Togean, Ini Pesan Sandiaga Uno

Terkait Fasilitas Wisata di Kepulauan Togean, Ini Pesan Sandiaga Uno

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Wisatawan turis mancanegara keluhan soal fasilitas di luar akomodasi, seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan, taman, dan lain-lain.

Tak hanya itu wisatawan juga mengeluhkan tentang ukuran kemudahan lokasi untuk dijangkau dari lokasi lainnya melalui sistem transportasi. Di tempat wisata kepulauan Togean.

Mendengar itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta fasilitas dan layanan pariwisata di destinasi wisata Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, di Sulawesi Tengah ditingkatkan lagi.

"Mendengar itu kita harus pastikan. Dan kemarin sudah ketemu dengan bu Kepala Dinas Pariwisata (Kadis) Setempat bahwa pelayanan SDM dan fasilitas pariwisata ini harus ditingkatkan," ujarnya

 BACA JUGA:Bandara Kertajati Jawa Barat Beroperasi Penuh Mulai Oktober 2023, Ini Rute Penerbangannya

Tempat wisata Kepulauan Togean, menurutnya merupakan situs warisan dunia UNESCO yang menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa.

Pihaknya mengaku pernah berkunjung ke tempat wisata Kepulauan Togean dan memang suasana alam bawah laut destinasi tersebut sangat luar biasa dan itu sudah warisan UNESCO," ujar dia.

Dengan begitu, keluhan wisatawan muncul terkait fasilitas dan layanan di tempat wisata yang di maksud, itu perlu segera direspons demi menjaga citra pariwisata Nusantara.

"Jika ada keluhan dari wisatawan yang datang dari luar negeri akan segera ditangani dan segera diberikan fasilitas agar ini tidak menjadi preseden buruk dan menurunkan reputasi Indonesia sebagai surganya wisata bawah air,"ungkapnya.

 BACA JUGA:Sambut Hari Jadi Ke-39 Tahun Pekon Puramekar Mulai Lakukan Persiapan

Sebelumnya, seorang wisatawan asal Kanada bernama Dave Smith menyoroti buruknya amenitas dan aksesibilitas di destinasi wisata di Kepulauan Togean Kabupaten Tojo Una-Una, di Sulawesi Tengah tersebut.

Ia bercerita dengan dipublikasikan South China Morning Post pada Senin 21 Agustus 2023, dirinya menyebutkan bahwa Kepulauan Togean terlihat seperti surga, namun terasa seperti tempat hantu.

Menurut pandanganya, kondisi ruang makan dan ruangan serta peralatan selam di tempat itu, terlihat sangat tidak cukup baik, demikian pula sajian resor di destinasi tersebut.

"Saya merasa seperti Tom Hanks dalam Film Castaway setelah dia berhasil melarikan diri dari pulau tropis tempat dia terdampar selama bertahun-tahun,"cerita dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: