UPT Keswan Vaksinasi Ternak Kambing di Pekon Sri Menanti

UPT Keswan Vaksinasi Ternak Kambing di Pekon Sri Menanti

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari libur, bukan alasan petugas pemerintah, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yakni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan Hewan (Keswan) wilayah kerja Kecamatan Way Tenong, Air Hitam dan Pagardewa menjalankan tugas.

Tepatnya Minggu (29/5), tim UPT Keswan di bawah naungan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Lambar tersebut, memberikan pelayanan vaksinasi gratis, hewan ternak jenis kambing di Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam.

Di mana dalam vaksinasi tersebut target trrnak warga yang divaksin sebanyak 150 ekor kambing milik warga dengan pola dikunjungi setiap kandang, didampingi aparatur pekon yang dipimpin langsung Peratin Anggi Ismanto, S.Pd.

Kepala UPT Keswan Way Tenong, Air Hitam dan Pagar Dewa Ahmad Zubadi, S.E., tujuan vaksin hewan ternak tersebut utamanya upaya dalam menjaga kesehatan ternak warga, sekaligus pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sempat merebak 2022 lalu.

BACA JUGA:Polresta Bandar Lampung Tetapkan Majikan sebagai Tersangka Penganiaya 2 ART

Vaksinasi hewan ternak yang digencarkan di semua wilayah kerja UPT Keswan setempat, adalah lanjutan secara kontinyu. Dimana sebelumnya vaksinasi di fokuskan untuk terbaik jenis sapi. 

Jubadi menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang memiliki ternak baik kambing (domba) maupun sapi dalam menjaga kesehatan hewan agar mengedepankan kebersihan kandang, penggunaan pakan yang baik. Dan juga menekan mobilitas keluar masuknya ternak supaya tidak terjangkit PMK dari luar. 

Sementara Peratin Anggi Ismanto, mewakili warga menyampaikan terimakasih atas upaya jemput bola dalam menjaga kesehatan ternak warga oleh petugas UPT Keswan setempat. 

Dimana dalam pelayanan itu, para peternak diberikan kemudahan yang sangat luar biasa, selain dikunjungi petugas secara door to door. Vaksinasi juga dilaksanakan secara gratis. 

BACA JUGA:Ternyata, Rutin Konsumsi Bayam Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Pada kesempatan itu pihaknya berharap di tengah situasi paceklik yang tengah melanda, salah satu faktor berkurangnya hasil panen kopi yang menjadi andalan masyarakat. Keberadaan usaha peternakan kambing dapat menjaga stabilitas ekonomi warga. 

Dia juga tak sungkan-sungkan berharap kepada petugas ketika nanti adanya kendala seputar kesehatan hewan ternak warga, agar petugas dapat langsung melakukan penanganan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: