Jaga Kenyamanan Fungsi Jalan, Warga Pemangku 2 Tata Karya Laksanakan Gotong Royong

Jaga Kenyamanan Fungsi Jalan, Warga Pemangku 2 Tata Karya Laksanakan Gotong Royong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk tetap menjaga dan merawat kenyamanan fungsi jalan bagi para pengguna jalan, puluhan warga pemangku 2 Tata karya, Pekon Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan gotong royong membersihkan jalan lingkungan yang dibangun bersumber Dana Desa tahun 2016 silam, Jumat (26/5/2023).

Dalam kegiatan itu warga turut melakukan penggalian pembuatan parit untuk memperlancar pembuangan air agar tidak mengalir ke badan jalan yang dapat memicu kerusakan jalan.

BACA JUGA:26 KPM di Pekon Bumi Agung Terima BLT DD Tahap Pertama

Peratin Batu Kebayan Murtoyo mengatakan gotong royong di jalan lingkungan atau penghubung antar pemangku ini dilakukan secara swadaya dengan menggunakan peralatan kerja seadanya.

“Karena kondisi jalan sudah nampak dipenuhi tanam liar maka warga tergerak untuk bergotong royong membersihkan sisi kanan dan kiri jalan untuk kenyamanan bersama terutama pengguna jalan,” katanya.

BACA JUGA:Kasat Narkoba Ajak Masyarakat Ikut Ambil Peran Berantas Peredaran Narkotika

Gotong royong sendiri, kata Murtoyo, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari jum’at, yang dilaksanakan untuk menjaga dan merawat kebersihan fasilitas umum yang menjadi tanggungjawab bersama. 

“Kebersihan jalan umum ini tanggungjawab kita bersama, apabila jalan rapi dan bersih maka kita juga yang merasa nyaman,” imbuhnya.

BACA JUGA:Jumat Berkah, Pekon Srimenanti Gotong Royong Penataan Jalan

Disisi lain melalui gotong royong ini juga terdapat nilai positif dengan terciptanya kekompakan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.

“Selain membersihkan tanam tumbuh, kita gotong royong juga dilaksanakan dengan menimbun beberapa titik badan jalan yang berlubang karena jika tidak ditangani kondisi itu dapat membahayakan pengguna jalan,” tandasnya.

BACA JUGA:Pupuk Kebersamaan, PKK Pekon Sukaraja Lewat Jumat Sehat

Sementara, Camat Batu Ketulis Sri Handayani mengapresiasi inisiatif pekon dalam melaksanakan kegiatan tersebut, menurutnya gotong royong menjadi salah satu sarana untuk membangun kebersamaan dan kekompakan antara pemerintah pekon dan masyarakat. 

“Posisi aparatur pekon harus bisa menjadi motor penggerak untuk membantu terwujudnya kebersihan lingkungan dan tentunya untuk kemajuan wilayah binaan dengan semangat gotong royong,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: