Progja Mahasiswa KKN di Pahayujaya Sejalan Dengan Program Kabupaten

Progja Mahasiswa KKN di Pahayujaya Sejalan Dengan Program Kabupaten

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kehadiran mahasiswa KKN Unila di Pekon Pahayujaya, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) memberikan kenangan dan pembelajaran yang berharga bagi masyarakat setempat.

Dimana dari beberapa Program Kerja (Progja) yang dilakukan diantaranya cukup memberikan kesan seperti ajakan dalam pemanfaatan pekarangan rumah untuk hal yang bermanfaat yakni pengembangan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

BACA JUGA:Per Januari 2023, Pendapatan Daerah Lambar Terealisasi Rp72,071 Miliar

Dimana meski keberadaan toga bukan hal yang baru, namun berkat kedatangan para mahasiswa KKN, Warga kembali semangat membuka lahan toga. Sehingga jika ke pekon itu jangan terkejut jika rumah-rumah ada toga.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Unila di Pekon Pahayujaya Alpriealian Renando, Fakultas Teknik Elektro mengatakan dalam ajakan pembuatan toga, dirinya dan rekan-rekannya juga mengajarkan dalam pemanfaatan dan pengolahan tanaman menjadi obat herbal. 

BACA JUGA:Awal Tahun, 11 Warga Lambar Mencari Nafkah ke Luar Negeri

"Kami bersama TP-PKK pekon sengaja mengajak warga dalam pengembangan toga sekaligus pembagian benih sayuran, juga memberikan pemahaman dalam pemanfaatan jenis tanaman karena obat herbal merupakan solusi yang baik dalam menjaga kesehatan," ungkapnya.

Selain dari itu progja yang cukup di sambut masyarakat bidang pendidikan, seperti untuk tingkat SD pembelajaran interaktif berbahasa inggris dan pemanfaatan sampah. Untuk SMP sosialisasi globalisasi dan SMK bimbingan masuk dan beasiswa universitas.

BACA JUGA:Berawal Postingan Facebook, Tersangka Kasus ITE Ditahan Usai Kasasi Ditolak

"Banyak progja yang kami lakukan selama KKN ini. Ada juga pembuatan pupuk organik cair, pembelajaran tentang pembukuan Kelompok Wanita Tani (KWT), Dan membumikan lagi permainan tradisional diantaranya pembuatan egrang," ungkapnya.

Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Sos., M.Si., yang melakukan kunjungan kegiatan KKN di pekon itu, sangat mendukung kegiatan yang diagendakan KKN dalam Progja, seperti pengembangan Toga. 

BACA JUGA:Pj. Bupati Lambar Hadiri Peresmian Polres Pesisir Barat

Pihaknya mengarahkan aparatur pekon untuk memfasilitasi pengembangannya sehingga keberadaan kebun Toga betul-betul dikembangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: