Mahasiswa KKN di Pekon Bumi Ratu Akan Buat POC

Mahasiswa KKN di Pekon Bumi Ratu Akan Buat POC

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak tujuh mahasiswa asal Universitas Lampung (Unila) mulai melaksanakan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023, salah satunya di Pekon Bumi Ratu Ngambur, Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Rabu (11/1).

Peratin Bumi Ratu, Zaini Firdaus, mengatakan, terdapat tujuh mahasiswa dari Unila itu akan melaksanakan KKN hingga Februari 2023 mendatang. 

Tentu diharapkan kehadiran mahasiswa KKN itu berdampak terhadap kemajuan masyarakat dan juga Pekon setempat. 

Salah satunya terhadap berbagai program kegiatan dan ilmu pengetahuan yang dibawa dan dilaksanakan di Pekon setempat.

BACA JUGA:Disdukcapil Pesbar Targetkan 113.736 e-KTP Menjadi KTP Digital

“Karena ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan mahasiswa tersebut selama KKN di Pekon Bumi Ratu ini, seperti Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan kegiatan lainnya,” katanya.

Dijelaskannya, selain pembuatan POC, mahasiswa KKN itu juga memiliki program kerja membuat papan jalan, peta digital (google map), penyuluhan tentang penyakit DBD dan penanaman serai, hingga sosialisasi mengenai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk peningkatan pendapatan Pekon. 

Selain itu juga akan mengadakan kegiatan belajar bersama, KKN mengajar, KKN membantu, kegiatan olahraga hingga turnamen volly se Kecamatan Ngambur.

“Sehingga dengan kehadiran mahasiswa KKN di Kecamatan Ngambur, salah satunya di Pekon Bumi Ratu ini nantinya dapat membawa banyak ilmu pengetahuan terhadap masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unila Sosialisasikan Pencegahan Bullying di SMKN 1 Waytenong

Seperti, kata dia, dalam rencana pembuatan pupuk organik cair itu nanti diharapkan kedepan bisa terus diterapkan oleh masyarakat setempat, terlebih di Pekon ini sebagian besar masyarakatnya juga merupakan petani. 

Sehingga dengan adanya inovasi-inovasi untuk pembuatan pupuk organik cair itu mudah-mudahan akan berdampak terhadap hasil produksi pertanian masyarakat di wilayah ini.

“Kita berharap dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan lain yang dibawa oleh mahasiswa itu diharapkan dapat ditularkan oleh masyarakat, sehingga kehadiran mahasiswa KKN ini benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat disini,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: