Mau Diterima Kerja? Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Mau Diterima Kerja? Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Ilustrasi-freepik.com-

Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

 

2. Paragraf Pertama dan Terakhir

Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal kalian tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. 

Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di paragraf akhir kalian harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf akhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.

 

3.    Bicarakan Perusahaan 

Sebelum menulis surat lamaran pekerjan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika kalian mengetahui banyak hal tentang mereka. Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetapi jelas dan tunjukkan bagaimana perusahaan tersebut membuat kalian terkesan dan dibidang apa kalian bisa berguna untuk mereka.

 

4. Jangan Sebutkan Semua Kemampuan

Semua kemampuan dan keterampilan yang kalian miliki tentunya sudah ada di CV yang kalian lampirkan. Untuk itu jangan repot- repot menyebutkan semuanya di surat lamaran pekerjaan. 

Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang kalian anggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar. 

 

5. Tunjukkan Kepribadian 

Pastikan surat lamaran kerja yang kalian tulis bisa mencerminkan betapa antusiasnya kalian untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: