Mau Diterima Kerja? Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Mau Diterima Kerja? Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Ilustrasi-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Surat lamaran kerja adalah lampiran surat yang berisi informasi tentang ketertarikan anda dalam mengisi lowongan.

Lampiran ini juga berisi tentang kualifikasi singkat anda yang dapat mendukung kecocokan anda dengan posisi yang diinginkan.

Surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan baik dapat membantu HRD dalam menyeleksi berkas yang anda gunakan untuk dikirimkan.

Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Di dalamnya terdapat informasi penting sebagai bahan pertimbangan. Oleh sebab itu, surat lamaran kerja harus dibuat dengan baik dan benar.

Isi surat lamaran kerja dibuat dengan jelas, menggunakan bahasa baku, sopan, rinci, dan tidak berlebihan.

Ini penting untuk menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan persyaratan dan deskripsi pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja, anda berkesempatan untuk menunjukkan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan sehingga perusahaan tertarik.

Meski proses pencarian kerja sudah terjadi sejak lama, namun tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang benar. 

Yang terpenting dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirim bersamaan dengan curriculum vitae (CV) serta lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran anda. Karena itu penting sekali bagi anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik. 

 

Berbagai tips di bawah akan membantu anda dalam menuliskan lamaran pekerjaan 

 

1. Jangan Menulis Ulang Yang Ada di CV 

Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dan beberapa hal yang ada di CV.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: