Provinsi Lampung Sabet Tiga Penghargaan TTG Nusantara XXIII, Menteri PDTT Kepincut Inovasi e-Voting

Provinsi Lampung Sabet Tiga Penghargaan TTG Nusantara XXIII, Menteri PDTT Kepincut Inovasi e-Voting

Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar melihat inovasi teknologi tepat guna dari Provinsi Lampung yang pada helatan ini dapat 3 penghargaan.-Andri Wiguna-Radarcirebon.com-

CIREBON, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Provinsi Lampung berhasil menyabet 3 penghargaan sekaligus di ajang Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aston Hotel and Convention Cirebon, pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Bahkan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar terlihat begitu tertarik dengan inovasi yang dibuat oleh Provinsi Lampung.

Dirinya bahkan mencoba langsung inovasi e-voting yang sudah beberapa waktu terakhir digunakan oleh Pemprov Lampung untuk pelaksanaan Pilkades Serentak di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung.

"Ini menarik sekali, bisa diterapkan dan digunakan di semua daerah, tentunya bisa untuk efisiensi," ujar Abdul Halim Iskandar saat singgah di stan Pemprov Lampung.

BACA JUGA:Terkait Tahanan Narkoba Polres Lampura Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Polisi

Ia pun lalu mencoba langsung mencoba cara kerja alat tersebut, ia lalu diberikan sebuah kartu yang berisi identitas dan chip sebagai salah satu syarat untuk melakukan e-voting.

"Ini mudah, sekali tempel, keluar menu pilihan dan nanti ada bukti pilihannya yang dicetak melalui mesin printer mini," imbuhnya.

Menteri PDTT mengapresiasi terobosan yang dilakukan di Provinsi Lampung, menurut dia, prinsip dari inovasi adalah untuk mengoptimalkan potensi yang ada dengan hasil maksimal dan menekan biaya produksi atau bisa melakukan efisiensi. 

"Selamat untuk Lampung, keren sekali inovasinya," tegasnya.

BACA JUGA:Polemik Ketua GRANAT Jadi Penasehat Hukum TM, Nurul Hidayah: Itu Hak Prerogatif Beliau

Sementara itu, Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Dr Zaidirina, SE., M.Si., yang dalam kesempatan tersebut hadir mewakili Gubernur Gubernur Provinsi Lampung, Ir H Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Gubernur sangat concern dengan teknologi tepat guna di desa-desa.

Sehingga kata dia, Gubernur menginstruksikan kepada Dinas PMDT Lampung untuk selalu melakukan pendataan dan pembinaan. 

"Kita tanpa lomba atau ada lomba tetap rutin melakukan pengembangan dan pendampingan, ini sesuai dengan instruksi Pak Gubernur yang memang sejak dulu concern pada hal-hal seperti ini, para inovator ini kita arahkan agar bisa optimal," jelasnya.

Dari kondisi tersebut juga akhirnya Provinsi Lampung siap ketika ada lomba TTG Nusantara dan bisa berbicara banyak. Bahkan tahun lalu kata dia, Provinsi Lampung keluar sebagai juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: