Belum Penuhi Kuota, Bawaslu Pesbar Tetap Lanjutkan Tahapan Seleksi Panwascam

Belum Penuhi Kuota, Bawaslu Pesbar Tetap Lanjutkan Tahapan Seleksi Panwascam

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Meski hingga hari terakhir perpanjangan masa pendaftaran calon Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pada Jumat (7/10) lalu, belum memenuhi kuota pendaftar. 

Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tetap melanjutkan tahapan dalam seleksi calon Panwascam di 11 Kecamatan tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesbar, Irwansyah, mengatakan, pada pendaftaran tahap awal sebelumnya jumlah pendaftar sebanyak 223 orang dan belum memenuhi kuota pendaftar salah satunya keterwakilan 30 persen perempuan. Sehingga, kembali dilaksanakan perpanjangan masa pendaftaran pada Senin sampai Jumat (3-7/10) lalu.

“Keseluruhan jumlah pendaftar baik dari tahap pertama maupun hingga masa perpanjangan itu dengan total sebanyak 246 pendaftar. Namun, itu juga belum memenuhi kuota pendaftar 30 persen keterwakilan perempuan,” katanya, Minggu (9/10).

BACA JUGA:Operasi Zebra di Pringsewu Libatkan 5 Satgas

Meski begitu, kata dia, sesuai dengan arahan dari Bawaslu Provinsi bahwa walaupun telah dilakukan perpanjangan namun belum juga memenuhi kuota pendaftar, maka itu tetap bisa dilakukan tahapan selanjutnya. 

Karena itu, saat ini Bawaslu Pesbar masih melakukan persiapan salah satunya penelitian berkas administrasi pendaftaran.

“Selanjutnya bagi pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi nanti akan diumumkan pada 12 Oktober 2022 mendatang, baik melalui website Bawaslu Pesbar maupun di papan pengumuman kantor Bawaslu setempat,” jelasnya.

Dijelaskannya, sesuai dengan jadwal sebelumnya bahwa untuk pelaksanaan tes tertulis melalui sistem Computer Assisted Test (CAT), itu tetap akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 14-16 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Pasca Tertimbun Longsor, Jalan di Kelumbayan Barat Kembali Terbuka

Hingga kini untuk tempat pelaksanaan tes tertulis itu masih menunggu dari pihak sekolah, karena kemungkinan besar akan dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah. Mengingat selain memadai, dalam pelaksanaan tes tertulis itu dilakukan secara online.

“Tempat pelaksanaannya masih belum pasti, namun kemungkinan besar dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah, karena hingga kini masih menunggu dari pihak sekolah. Kita berharap dalam pelaksanaannya nanti tidak ada kendala, baik kendala jaringan listrik, jaringan internet maupun lainnya, mudah-mudahan tidak terjadi,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: