Kurun Waktu Tiga Tahun, 18 Mahasiswa Asal Lambar Terima Beasiswa Kesenian

Kurun Waktu Tiga Tahun, 18 Mahasiswa Asal Lambar Terima Beasiswa Kesenian

Ilustrasi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam kurun waktu tiga tahun yaitu tahun 2020-2022, sebanyak 18 orang mahasiswa asal Kabupaten Lambar yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) jurusan kesenian mendapatkan beasiswa kesenian dari Pemkab Lambar.

“Dari tahun 2020 hingga saat ini sudah ada 18 orang yang mendapatkan beasiswa kesenian dari pemerintah daerah,” ungkap Kabid Kebudayaan Riyadi Andrianto, S.H, mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulki, S.Pd, Rabu (7/9/2022).

Dijelaskannya, 18 mahasiswa tersebut berasal dari sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

“Mereka lulus dalam seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan  lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Rata-rata kuliah di PTN Universitas Lampung (Unila),” kata dia.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Tidak Berpengaruh dengan Harga Kopi

Dikatakannya, adapun syarat penerima beasiswa merupakan anak-anak lulusan SMA sederajat di kabupaten setempat, lulus dalam seleksi jalur SNMPTN) maupun SBMPTN.

“Beasiswa yang diberikan pemerintah daerah berupa pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk 8 semester,” kata dia

Lebih jauh Riyadi mengatakan, program beasiswa kesenian merupakan bagian dari peningkatan manajemen pelayanan pendidikan serta pengembangan SDM pendidikan dan kebudayaan. 

Program ini juga merupakan upaya pemerintah agar seni budaya yang ada di daerah terus berkembang. Tentunya bisa terus dilestarikan. Terlebih, Lambar merupakan daerah asal muasal suku Lampung yang kaya akan seni budaya. 

 

“Harapan kita kepada para siswa yang diterima tersebut untuk memanfaatkan sebaik baiknya fasilitas bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (UKT 8 Semester) dengan belajar dan berprestasi di jenjang Perguruan Tinggi,” harapnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: