Pesagi Culture Festival 2023 Ditutup, Nukman: Bukan Hanya Sebatas Perayaan

Pesagi Culture Festival 2023 Ditutup, Nukman:  Bukan Hanya Sebatas Perayaan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - 'Tayuh balak' dikemas melalui Pesagi Culture Festival tahun 2023 bertajuk The Spirit of Nyambai di Kabupaten Lampung Barat resmi ditutup, Senin malam (6 November 2023).

Pesagi Culture Festival yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Dewan Kesenian setempat berlangsung di Lamban Pancasila Kecamatan Balik Bukit 5- 6 November 2023.

Dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional yang berada di Kabupaten Lampung Barat dari tari-tarian hingga sastra sekaligus perlombaan seni budaya nyambai.

Grand closing dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi Nukman, Kepala Perangkat Daerah, perwakilan Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (Kemendikbudristek) Dewa Ayu Oka Sulasmi, pamong budaya ahli madya balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah Bengkulu Lampung Rois Leonard.

BACA JUGA:Banang DPRD Sampaikan Laporan Kebijakan Umum APBD dan PPAS RAPBD Provinsi Lampung

Dalam sambutannya, Nukman menyampaikan rasa syukur, pasalnya perhelatan Pesagi Culture Festival 2023 berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah pada malam hari ini kita dapat bersama-sama hadir dalam acara malam puncak Pesagi Culture Festival 2023 dengan tema 'The Spirit Of Nyambai'. Saya selaku Penjabat Bupati Lampung Barat merasa sangat senang dan bangga atas terselenggaranya festival ini," ungkapnya.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Pesagi Culture Festival  yang merupakan Program Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Platform indonesian), Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lampung Barat berkolaborasi dengan Dewan kesenian Lampung Barat dan Pelaku seni.  

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan acara yang begitu meriah dan bermakna ini, terutama kepada Kemdikbudristek RI Sebagai pihak yang telah memberikan wawasan serta bantuan untuk mewujudkan sumber daya manusia seni yang unggul di Kabupaten Lampung melalui program Indonesiana," ucapnya.

BACA JUGA:Berikut 5 Fakta Lepas dari Pinjol hingga 288 Aplikasi Ilegal Diblokir

"Selain itu saya menyampaikan terimakasih kepada para pengurus Dewan Kesenian Lampung Barat, komunitas seni dan sanggar-sanggar selaku penyelenggara, pengisi acara baik dari penampil tamu, penampil pekon dan pelaku budaya yang telah bersama-sama memeriahkan kegiatan Pesagi Culture Festival ini," lanjutnya.

Menurutnya, festival budaya tersebut sangat berperan penting dalam upaya pelestarian seni dan budaya tradisi khususnya di Lampung Barat.

"Festival tak hanya sekedar sebuah perayaan, namun juga terselip tujuan baik jangka pendek dan jangka panjang terhadap objek kemajuan Kebudayaan Daerah," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: