Mantapkan Ketahanan Fisik-Mental, Disporapar Lambar Gelar Diklat Paskibraka

Mantapkan Ketahanan Fisik-Mental, Disporapar Lambar Gelar Diklat Paskibraka

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) di Aula Wisma Sindalapai Kecamatan Balikbukit, Senin-Kamis 1-18 Agustus 2022.

Kegiatan Diklat Paskibraka tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Wasisno Sembiring, S.E, M.P serta dihadiri Plt. Kepala Disporapar Burlianto Eka Putra, S.H, Pelatih dan Pendamping, serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Ekbang Wasisno Sembirng mengucapkan selamat kepada 50 siswa-siswi atas terpilihnya sebagai calon Paskibraka yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Lambar.  

“Adik-adik merupakan putra putri terbaik Lampung Barat yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui, sehingga adik-adik pada hari ini akan didik dan dilatih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 pada tanggal 17 Agustus mendatang,” ungkap Wasisno

BACA JUGA:Lonjakan Wisatawan di Lambar Capai 30,07 Persen

Sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Lambar, lanjut Wasisno, tentunya adik-adik akan menjalani serangkaian pendidikan dan pelatihan, yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Lambar tahun 2022 ini.

“Saya mengajak kepada kita semua, marilah terus kita tanamkan nilai nilai perjuangan, pada pelaksanaan pembangunan pada masa sekarang dan yang akan datang terutama pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat yang kita cintai dan kita banggakan ini, sehingga kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Lampung Barat akan lebih baik lagi,” pungkas dia

Sementara itu Plt. Kepala Disporapar Burlianto Eka Putra dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan seleksi dan pelatihan Paskibraka merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Lambar, yang dimaksudkan untuk membentuk pasukan pengibar bendera pusaka, yang melaksanakan tugas mulia pada saat peringatan HUT 17 Agustus 2022, tugasnya mencakup pengibaran bendera pusaka pada pagi dan penurunan bendera pada sore hari .

Lanjut dia, kegiatan ini diawali dengan proses seleksi yang telah dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022 yang diikuti 250 orang siswa-siswi terbaik jenjang SMA atau sederajat se Kabupaten Lambar. 

BACA JUGA:Masih Dibawah Umur, Pelaku Penusukan Remaja Diganjar 1/3 Vonis Hukuman

Berdasarkan hasil seleksi, lanjut Burlianto, telah terpilih satu putra dan satu putri mewakili Kabupaten Lambar untuk bertugas sebagai Paskibraka di tingkat provinsi. Kemudian terpilih 25 orang putra dan 25 orang putri yang akab bertugas menjadi Paskibraka di tingkat Kabupaten Lambar.

“Pelatihan Paskibara ini akan kita laksanakan sejak tanggal 1 hingga 18 Agustus 2022. Selama pelatihan, peserta akan di Karantina di Wisma Sindalapai dan akan diberikan berbagai pelatihan. Peserta akan dilatih dan didampingi oleh TNI. Polri, Purna Paskibraka Indonesia serta Tim Kesehatan,” tegasnya

Masih kata dia, adapun bentuk pelatihan yang akan diberikan yaitu latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), pelatihan kedisiplinan, penanaman jiwa korsa dan kebersamaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta siraman rohani dan keagamaan.

 

“Untuk pengukuhan Paskibraka Kabupaten Lampung barat direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus mendatang,” tutupnya. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: