Sempat Menurun Akibat Pandemi, Angka Partisipasi PAUD-PNF 2022 Diyakini Meningkat

Sempat Menurun Akibat Pandemi, Angka Partisipasi PAUD-PNF 2022 Diyakini Meningkat

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Lambar Alexander Saputra, SH.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Angka partisipasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kabupaten Lampung Barat, sempat mengalami penurunan akibat Pandemi Covid-19 pada tahun ajaran 2020-2021.

Namun, dengan semakin membaiknya Pandemi Covid-19 tahun ini, maka diharapkan partisipasi PAUD dan PNF bisa kembali meningkat.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar Alexander Saputra, SH., mengungkapkan, pada pada saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada tahun ajaran 200-2021 menyebabkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terhambat, dimana mengharuskan semua jenjang sekolah menerapkan KBM secara Daring.

"Hal ini menjadi penyebab para orang tua menarik diri dari keikutsertaan anaknya di PAUD dan PNF, hal ini disebabkan karena orang tua kesulitan untuk memberikan pendampingan terhadap anaknya," ungkap Alexander mendampingi Kepala Disdikbud Lambar Bukli, S.Pd, MM., Selasa 26 Juli 2022.

BACA JUGA:Polda Lampung Gulung Sindikat Judi Online, 2 Selebgram Turut Diamankan

Merujuk pada Surat Edaran (SE) Disdikbud Lambar No.420/881/III.01/2022, tentang Penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2022/2023, maka pembelajaran tatap muka di seluruh satuan pendidikan diberlakukan 100 persen, dengan sejumlah ketentuan.

"Dengan pemberlakuan ini, maka kami yakin angka partisipasi PAUD-PNF bisa kembali meningkat, meskipun sebenarnya untuk evaluasi baru akan kami lakukan pada akhir tahun mendatang," harapnya.

 

Alexander menambahkan, berdasarkan data yang ada dari 131 pekon dan lima kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan, terdapat 176 PAUD dan seluruhnya merupakan PAUD swasta. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: