Peragaan Manasik Haji dan Umroh di Batu Ketulis Upaya Kenalkan Baitullah dan Rukun Islam Kelima Sejak Dini

Peragaan Manasik Haji dan Umroh di Batu Ketulis Upaya Kenalkan Baitullah dan Rukun Islam Kelima Sejak Dini

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk mengedukasi dan memperkenalkan rukun islam kelima kepada peserta didik usia dini, ratusan peserta didik TK dan PAUD se-Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan simulasi manasik haji yang digelar di  lapangan halaman kantor kecamatan setempat, Rabu 8 Mei 2024.

Dengan didampingi keluarga dan guru, para peserta didik yang mengenakan pakaian ihram begitu antusias mengikuti tahap demi tahap tata cara ibadah haji dan umroh mulai dari Wukuf di Arafah, Tawaf ifadah, Sa'i, Mabit di Muzdalifah, melempar Jumrah Aqabah, Mencukur rambut, serta Melempar tiga jumrah.

Kegiatan itu hadiri oleh Camat Batu Ketulis Sri Handayani S.H,M.H., Kepala KUA Batu Ketulis Burhasan S.Ag, Korwil Pendidikan Kecamatan Batu Ketulis, Koramil Belalau, Polsek sekincau, serta para tokoh agama.

Dalam kesempatan itu, Kepala KUA Batu Ketulis Burhasan didampingi para penyuluh agama yang bertindak sebagai pemandu acara, menyampaikan  acara ini mengusung tema 'Mengenalkan agama sejak dini kepada anak kita'.

BACA JUGA:Pj Sekda Lampung Barat Ambil Formulir Pendaftaran di Demokrat

Menurutnya ini menjadi salah satu kegiatan penting yang dilaksanakan sebagai syiar ajaran Islam serta memotivasi para peserta didik dan orang tua untuk dapat melaksanakan haji sebagai rukun Islam kelima.

"Kami menyambut baik program kegiatan simulasi manasik haji yang diadakan untuk siswa pra sekolah ini. Simulasi manasik haji ini, dimaksudkan agar anak sejak dini, paling tidak memperoleh gambaran dan rasa ketertarikan, yang pada akhirnya bagi siswa dan termasuk gurunya, bila sudah berkemampuan bisa mendaftar haji,"ujarnya.

Selain itu, ia berharap kegiatan dapat menjadikan semakin meneladani akhlak Rasulullah, serta tumbuh menjadi anak cerdas dan berkarakter Islami. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menghasilkan murid-murid yang berakhlakul karimah sesuai dengan akhlak Rasulullah. Terima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini, mudah-mudahan berjalan dengan baik dan memberikan manfaat khususnya untuk peserta didik," katanya.

BACA JUGA:BPBD Pesisir Barat Gerak Cepat Bersihkan Pohon Tumbang

Sementara, Camat Batu Ketulis Sri Handayani turut menyambut baik kegiatan tersebut. 

Ia berharap bimbingan Manasik Haji ini akan menambah kecintaan anak didik pada Baitullah sehingga pada nantinya dapat memenuhi panggilan Allah swt untuk beribadah. 

Menurutnya, bimbingan ini juga penting untuk memberikan ilmu tentang haji dan umroh dimulai sejak dini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: