KWT Melati Terima Bantuan Pembangunan Pabrik Sale

KWT Melati Terima Bantuan Pembangunan Pabrik Sale

Medialampung.co.id - Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati di Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebuntebu Lampung Barat, tahun anggaran 2020 ini akan mendapatkan bantuan sarana dan prasarana untuk produksi sale atau selai dengan total bantuan yang akan diterima senilai Rp1,7 Miliar lebih dari Kementrian Peridustrian.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar Yudha Setiawan mengatakan, untuk sarana dan prasarana yang akan dibangun tersebut yakni Gedung, Pagar, Mesin dan Listrik yang nantinya akan menjadi penunjang produksi sale yang selama ini masih terbatas karena terkendala sarana dan prasarana.

"Dengan adanya pembangunan tersebut tentunya KWT Melati akan bisa lebih berkembang lagi, dan mampu memproduksi dengan sekala besar," ungkap Yudha, Kamis (27/2).

Dikatakan Yudha, potensi untuk berkembangnya pabrik sale di Lambar cukup besar, mengingat bahan baku khususnya pisang cukup banyak, bahkan selama ini sebagian besar dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik di pulau jawa.

"Kalau kita ke Bandung beli selai yang sudah jadi, ternyata bahannya dari Lampung Barat. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan KWT Melati bisa menjual produk yang dipasarkan dalam keadaan sudah menjadi selai, bukan lagi menjual bahan baku," kata dia.

Untuk memperoleh bantuan itu harus ada sepuluh kelompok binaan dan produksi, dan dibawah KWT Melati sudah ada seuluh kelompok yang menjual sale ke luar Lampung.

"Pabrik ini khusus untuk selai, dengan diberikan bantuan tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mampu mengembangkan usahanya," kata dia.

Yudha juga menambahkan, potensi lainnya yang bisa dikembangkan kedepan yakni coklat, dengan sasaran Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS).

"Sekarang kami masih menjajaki, agar terbentuk semacam KWT, kalau sudah ada sepuluh sentra maka akan diajukan bantuan sama seperti bantuan yang diterima oleh KWT Melati," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: