Inspektorat Kemensos Datangi Lambar, Ada Apa?

Inspektorat Kemensos Datangi Lambar, Ada Apa?

--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Sosial (Kemensos) RI melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Lampung Barat, selama empat hari sejak Senin-Kamis (3-7/7).

Kedatangan tim Irjen Kemensos RI tersebut dalam rangka memastikan, bahwa temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap program Bantuan Sosial (Bansos) di kabupaten setempat telah ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial (Dinsos) dan jajaran.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lambar Jaimin didampingi  ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, tim Irjen Kemensos RI turun ke Lambar terkait dengan temuan BPK RI tahun 2021.

"Tim Irjen Kemensos turun untuk memastikan bahwa temuan BPK tahun 2021 sudah kita tindaklanjuti," ungkap Jaimin didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Raden Muhammad Arsyad dan Kabid Perlindungan Sosial Ferri Istanto.

BACA JUGA:Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian Nelayan Hilang

Dijelaskan, temuan tersebut berkaitan dengan Bansos, berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Temuannya berupa adanya ketidaksesuaian data dimana tidak sepadan dengan data Dukcapil yang ditemukan BPK tahun 2021, ada sekitar 1.000 lebih KPM (Keluarga Penerima Manfaat)," ujarnya.

Menurutnya, adanya ketidaksesuaian data ini justru menyebabkan banyak KPM tidak mendapatkan Bansos, karena itu pihaknya secara maksimal menindaklanjuti dari temuan BPK tersebut dan saat ini sudah dilakukan perbaikan.

"Untuk tim dari Irjen ini melakukan pengecekan langsung ke lapangan, dengan menemui KPM yang masuk dalam data temuan BPK yang tersebar di sejumlah kecamatan," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: