Ini Alasan Mengapa Rokok Berbahaya Bagi Kesehatan

Ini Alasan Mengapa Rokok Berbahaya Bagi Kesehatan

Ilustrasi Rokok-pixabay.com@geralt-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rokok adalah hasil olahan tembakau yang dibungkus dan dibakar untuk dihisap atau dihirup asapnya. Rokok dapat berbentuk cerutu, rokok kretek, atau rokok putih. 

 Rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, termasuk nikotin yang merupakan zat psikotropika stimulan. 

Merokok dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan, seperti: Kanker paru-paru, Serangan jantung, Asma, Masalah paru-paru, Infeksi tenggorokan dan mata. 

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas. Bungkusan rokok umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan bahaya merokok

 

Berikut adalah beberapa bahaya rokok bagi kesehatan yang telah diakui secara luas:

1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan risiko terkena serangan jantung serta stroke. 

Kandungan nikotin dan tar dalam rokok merusak dinding arteri, memicu penumpukan plak yang dapat menyebabkan penyumbatan.

 

2. Penyakit Paru-paru

Rokok merupakan penyebab utama penyakit paru-paru kronis seperti bronkitis dan emfisema. 

Tar dalam asap rokok menumpuk di paru-paru, merusak jaringan dan mengurangi kemampuan paru-paru untuk berfungsi dengan baik. 

Rokok juga merupakan faktor risiko terbesar untuk kanker paru-paru.

 

3. Kanker

Selain paru-paru, rokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, pankreas, ginjal, dan lambung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: