Jelang Lebaran, Warga Pesisir Barat Sumringah, Bansos PKH Cair Dua Bulan

Jelang Lebaran, Warga Pesisir Barat Sumringah, Bansos PKH Cair Dua Bulan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah dilaksanakan sejak Jumat 5 April 2024 lalu, dan saat ini masih dalam proses penyaluran di seluruh KPM sasaran. 

Koordinator Kabupaten PKH Pesbar, Agus Riyanto, mengatakan penyaluran Bansos PKH Periode Maret dan April telah dimulai sejak beberapa hari terakhir dan akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan, sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

“Penyaluran Bansos PKH periode Maret dan April telah mulai dilaksanakan pada Jumat 5 April lalu mendatang, sebagian besar KPM sudah melakukan pengambilan dana bantuan tersebut,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam penyaluran Bansos PKH itu masing-masing KPM akan menerima dana bantuan selama dua bulan, sesuai dengan jumlah dana PKH yang akan diterima berdasar komponen yang ada.

BACA JUGA:Meminimalisir Kemacetan, Polres Lampung Barat Amankan Sejumlah Titik Pasar Tumpah

“Setiap KPM sasaran PKH tidak akan menerima dana bantuan yang sama, karena masing-masing KPM sudah memiliki komponen masing-masing sesuai dengan total dana bantuan selama setahun, dan akan dibagi dalam enam tahap penyaluran karena dilakukan setiap dua bulan” jelasnya.

Ditambahkannya, masing-masing KPM di setiap kecamatan sudah ada jadwal waktu pelaksanaan pengambilan dana bantuan tersebut.

Hal itu agar penyaluran Bansos PKH lebih efektif dan sebelum lebaran di target sudah selesai. 

“Pengambilan dana bantuan baik melalui Bank BRI dan Kantor Pos tidak bisa dilakukan secara bersamaan, karena itu akan dilakukan sesuai jadwal masing-masing KPM yang terdaftar sebagai peserta penerima Bansos PKH,” ujarnya.

BACA JUGA:Hadapi Peningkatan Jumlah Wisatawan di Momen Libur Lebaran, Disporapar Lampung Barat Terbitkan Surat Edaran

Sementara itu, untuk jumlah KPM sasaran Bansos PKH periode Maret dan April, pihaknya belum mengetahuinya, karena belum ada data penerima yang diterima dari Kemensos, bahkan data periode Januari dan Februari juga belum diterima.

“Kita belum menerima data jumlah KPM penerima Bansos PKH tahun ini, setiap KPM akan mendapatkan pemberitahuan melalui pendamping PKH jika mendapatkan bantuan tersebut,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: