Tekan Angka Kekerasan Terhadap Anak, LPAI Lambar Sambangi Beberapa Kecamatan

Tekan Angka Kekerasan Terhadap Anak, LPAI Lambar Sambangi Beberapa Kecamatan

Medialampung.co.id - Dalam rangka memperluas peran, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kabupaten Lampung Barat bersilaturahmi ke beberapa kecamatan di wilayah tersebut.

Jefri Ardiansyah selaku Sekjen LPAI Kabupaten Lampung Barat mendampingi Ketua LPAI Drs. H. Dahlin, M.Pd., melakukan silaturahmi serta berkonsultasi tentang perlindungan anak di Kabupaten Lampung Barat.

Dalam kesempatan itu Jefri Ardiansyah menekankan pentingnya kerja sama seluruh elemen pemerintah dan lembaga-lembaga yang peduli terhadap anak-anak, untuk memberikan shock terapi bagi pelaku kejahatan terhadap anak.

Jefri menambahkan, sejak terbentuknya LPAI di Lampung Barat pada tahun 2019 silam, sudah banyak perkara anak yang didampingi mulai dari penjangkauan pelaporan sampai sidang putusan yang LPAI dampingi.

"Dari tahun 2019 LPAI terbentuk, kami sudah banyak melakukan kegiatan pendampingan dengan berbagai macam kasus terhadap anak di Lampung Barat," katanya.

Pendampingan yang dilakukan adalah pendampingan hukum maupun pendampingan terhadap psikis korban.

“Dalam kesempatan ini kami sengaja berkunjung ke kecamatan-kecamatan untuk membangun komunikasi antara lembaga sosial LPAI dengan PPA yang ada di kecamatan, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa pentingnya memahami hak-hak terhadap anak," imbuhnya.

Jefri juga mengungkapkan bahwa perkara anak tak ubahnya seperti gunung es. Banyak masyarakat yang tidak mau melaporkan perkara anak ke aparat penegak hukum, dan menganggap itu adalah aib bagi keluarga korban.

"Kita perlu memberikan edukasi untuk mengubah mindset masyarakat terkait perkara anak yang dianggap adalah aib, sehingga predator anak bisa saja melakukan perbuatan sebelumnya kepada anak-anak yang lain," ujar dia. Sekjen LPAI itu juga menuturkan ucapan terimakasih kepada Bupati Lampung barat dan seluruh uspika yang telah membantu mensupport pergerakan LPAI di Kabupaten Lampung Barat.

Sementara Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., Dalam kesempatan itu juga, Erna Wati menyambut baik kedatangan LPAI Lampung Barat di kantor kecamatan. Ia menambahkan pentingnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan adanya LPAI.

"Saya selaku Camat Kebuntebu menyambut baik Kedatangan rekan-rekan dari LPAI Lampung Barat, mari kita sama-sama bersinergi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemahaman terhadap hak-hak anak," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: