Unjuk Rasa di Kantor Disnaker Lampung, Karyawan PT San Xiong Steel Indonesia Sampaikan Beberapa Tuntutan

Unjuk Rasa di Kantor Disnaker Lampung, Karyawan PT San Xiong Steel Indonesia Sampaikan Beberapa Tuntutan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ratusan massa melakukan aksi didepan kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung, Senin 13 Mei 2024.

Berdasarkan pantauan aksi tersebut mulai sekitar pukul 09:30 WIB. Adapun para masa aksi tersebut yaitu karyawan dari PT. San Xiong Steel Indonesia dan tergabung juga dalam Federasi Pergerakan Serikat Buruh Indonesia Federasi Serikat Anggota Konfederasi Serikat Nasional (FPSBI-KSN).

Sebelumnya nya diketahui para Karyawan PT. San Xiong Steel Indonesia yang terletak di Desa Tarahan, Katibung, Lampung Selatan ini kerap terjadi kecelakaan kerja.

Baru-baru ini kecelakaan terulang menimpa sejumlah pekerja yang terjadi pada Rabu 8 Mei 2024 kemarin yakni tunggu meledak dan menyebabkan para karyawan luka bakar.

BACA JUGA:Gelaran Lampung Fashion Show Pada Festival Parekraf Lampung di Buka Gubernur Arinal

Dalam aksi tersebut Yohanes Joko Purwanto selaku koordinator menjelaskan bahwa salah satu tujuan aksi tersebut yaitu menyampaikan keluhan para karyawan PT. San Xiong Steel, dimana mereka mempermasalahkan terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari PT tersebut yang diyakini belum memadai.

"Perusahaan tempat para karyawan ini bekerja yaitu PT San Xiong Steel K3 nya belum sepenuhnya aman. Sehingga rawan terjadi kecelakaan kerja terhadap para pekerjanya," kaya Joko saat menyampaikan orasinya di depan kantor Disnaker Lampung.

Lanjutnya PT tersebut bergerak di bidang peleburan besi yang sangat beresiko tinggi, hal itu seharusnya dilakukan uji standarisasi peralatan K3.

BACA JUGA:Bandara Radin Inten II Lampung Pastikan Kesiapan Pelayanan dan Fasilitas untuk Penerbangan Haji 2024

"Perusahaan seharusnya melakukan uji standarisasi terhadap peralatan K3 serta melaopor sebelum menggunakan peralatan tersebut untuk diuji. Sebab dengan adanya penerapan K3 kepada para pekerja tersebut diharapkan dapat mendorong produktivitas kerja dan tentunya akan berdampak positif terhadap perusahaan," ungkapnya.

Dalam aksi tersebut ratusan masa ini melakukan sebanyak tiga tuntutan terhadap PT. Xiong Steel Indonesia.

"Ada tiga tuntutan penting yang kami sampaikan hari ini kepada pihak Disnaker Lampung terkait dengan permasalahan yang ada pada PT San Xiong Steel Indonesia,"ungkap Joko dalam orasinya. 

"Yang pertama kami mendesak supaya Disnaker Provinsi Lampung segera mengeluarkan rekomendasi terhadap PT San Xiong Steel Indonesa bahwa tidak layak dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)," sambung Joko.

BACA JUGA:LPj Atas Penggunaan APBD Lampung Barat Tahun Anggaran 2023 Mulai Digodok di DPRD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: