Tahun Ini, Disbunnak Siapkan Bantuan 315 Ekor Kambing

Tahun Ini, Disbunnak Siapkan Bantuan 315 Ekor Kambing

Medialmapung.co.id - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar tahun ini akan mengalokasikan bantuan ternak kambing kepada kelompok peternak melalui program pengembangan integrasi ternak kambing dengan tanaman perkebunan.

“Tahun ini kita akan menyiapkan bantuan ternak kambing sebanyak 315 ekor, rinciannya 150 ekor bersumber dari DAU dan 165 ekor bersumber dari dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT),” ujar Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si,di Ruang Kerjanya, Rabu (18/3).

Dijelaskannya, rencananya bantuan ternak kambing itu akan dialokasikan untuk 21 kelompok peternak di 15 kecamatan di Kabupaten Lambar. Setiap kelompok akan mendapatkan bantuan 15 ekor kambing, rinciannya 14 ekor betina dan satu ekor jantan.

“Bantuan ternak ini rencananya akan kita alokasikan pada Juni  mendatang,” akunya.

Menurut dia, melalui program integrasi peternakan dengan perkebunan segala sumber daya hasil perkebunan dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Selain buah hasil kebun menjadi komoditas penghasilan utama, juga kotoran yang dihasilkan ternak diharapkan akan kembali lagi ke kebun untuk memupuk tanaman.

"Yang jelas kami akan melakukan integrasi ternak dengan tanaman perkebunan agar penghasilan petani tidak saja dari tanaman kebun, tetapi juga dari ternak," pungkas Agustanto. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: