Soal Maraknya Banner, Bawaslu Pesbar Akan Koordinasi ke Pemkab

Soal Maraknya Banner, Bawaslu Pesbar Akan Koordinasi ke Pemkab

--

Medialampung.co.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dalam waktu dekat segera mendata keberadaan banner calon Gubernur dan calon Presiden yang mulai bermunculan di sepanjang pinggir ruas jalan lintas barat dan lokasi lain yang ada di Kabupaten Pesbar.

Anggota Bawaslu Pesbar Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Heri Kiswanto, mengatakan, meski tahapan Pemilu 2024 telah dimulai. 

Namun, untuk sementara ini Bawaslu Pesbar belum bisa menertibkan terkait banyaknya banner calon Gubernur dan calon Presiden yang bermunculan dipasang di sejumlah wilayah di Kabupaten ini.

“Kita belum bisa menertibkan, karena itu kita hanya akan melakukan pendataan banner yang dipasang itu, atas nama siapa, berapa titik dan dipasang dimana,” katanya, Selasa (14/6).

Dijelaskannya, untuk penertiban banner tersebut masih menjadi kewenangan Pemkab setempat, karena jelas itu ada aturannya. Bawaslu Pesbar juga akan segera berkoordinasi dengan Pemkab setempat mengenai banyaknya banner yang sudah bermunculan itu. 

Hal itu tentu selain akan mempengaruhi suhu politik, juga dikhawatirkan akan mengganggu estetika tata ruang wilayah jika dalam pemasangan banner tidak sesuai, seperti di pasang di batang pohon, tiang listrik, gedung Pemerintahan dan sebagainya.

“Bawaslu Pesbar juga mewanti-wanti dan mengingatkan siapapun calon yang hendak memasang banner agar dapat memperhatikan tata ruang wilayah, apakah itu dilarang atau tidak, sehingga benar-benar tertib,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kasatpol PP-Damkar Kabupaten Pesbar, Cahyadi Moeis, mengatakan bahwa, Satpol PP Provinsi Lampung sebelumnya juga telah menyampaikan Surat Edaran (SE) Gubernur Lampung No.270/2048/V/VI.07/2022 tentang penertiban pemasangan spanduk dan sejenisnya yang mengganggu ketertiban umum, ke Satpol PP-Damkar Pesbar.

 

“Untuk di Pesbar ini kita juga akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pimpinan, apakah memang tetap akan ditertibkan atau seperti apa. Jika nanti sudah ada petunjuk dari pimpinan maka akan segera kita tindaklanjuti,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: