Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Belunguh Silaturahmi Adat ke Kesultanan Palembang Darussalam 

Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Belunguh Silaturahmi Adat ke Kesultanan Palembang Darussalam 

Medialampung.co.id - Kerajaan Adat Paksi Pak Skala Bekhak, Kepaksian Belunguh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, bersilaturahmi ke istana adat Kesultanan Palembang Darussalam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

Kedatangan Sultan Junjungan Sakti Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak, Kepaksian Belunguh, Generasi ke-27, Drs. Yanuar Firmansyah bersama Empat Puluh Raja Jukuan, Kepaksian Belunguh, disambut langsung oleh Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV, Jaya Wikrama Raden Muhammad Fauwaz Diradja, S.H, M.Kn bersama pembakti Kesultanan Palembang Darusaalam.

Sultan Junjungan Sakti Yanuar Firmansyah mengatakan, bahwa kunjungannya ke istana adat Kesultanan Palembang Darussalam Palembang tidak lain untuk bersilaturahmi menjalin tali persaudaraan yang sudah terikat dari dulu kala antar kedua kerajaan. 

“Kunjungan kita untuk bersilaturahmi dan juga untuk bersama-sama melestarikan budaya dan peninggalan kerajaan antara kedua belah pihak,” tegasnya. 

Disampaikan Juru Bicara dan Dewan Adat Paksi Pak Skala Bekhak Kepaksian Belunguh Asrorudin, S.Ip, M.M., mendampingi Sultan Junjungan Sakti Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak, Kepaksian Belunguh, Generasi ke-27, Drs Yanuar Firmansyah.

Setibanya rombongan di Palembang disambut langsung Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jaya Wikrama Raden Muhammad Fauwaz Diradja, S.H, M.Kn., beserta para petinggi kerajaan. 

"Kedatangan rombongan kita dari Kerjaan Adat Buay Belunguh memang sudah dinantikan. beliau Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jaya Wikrama Raden Muhammad Fauwaz Diradja, sangat bangga kunjungan silaturahmi dalam rangka mempererat hubungan kerajaan," terangnya. 

Asrorudin menyampaikan, dalam sambutan Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jaya Wikrama Raden Muhammad Fauwaz Diradja kedatangan Kerajaan Adat Buay Belunguh dalam rangka silaturahmi dan mempererat hubungan antara kerajaan asal Kabupaten Lampung Barat dengan kerajaan asal Palembang.

"Beliau Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jaya Wikrama Raden Muhammad Fauwaz Diradja menyebutkan, kegiatan ini ajang silaturahmi dan juga untuk melestarikan budaya kesultanan Palembang Darussalam maupun Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kebuayan Belunguh," ungkapnya. 

Sang Sultan menjelaskan, bahwa ini momen yang sangat bagus dalam merajut hubungan baik dengan Buay Belunguh hingga bertukar pikiran dalam upaya melestarikan tradisi dan budaya kedua belah pihak kerajaan.(r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: