Dua Lingkungan Jadi Langganan Banjir, Lurah Pajarbulan Harapkan Solusi dari Pemkab

Dua Lingkungan Jadi Langganan Banjir, Lurah Pajarbulan Harapkan Solusi dari Pemkab

Medialampung.c.id - Lurah Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Erna Risnawati, S.E., meminta Pemkab Lambar melalui dinas terkait, dapat mencari solusi mengatasi banjir setiap terjadi hujan di Lingkungan Wangunreja dan Mulyasari.

Disampaikan Erna, saat terjun ke lokasi bersama suami yang juga Anggota DPRD Lambar Suharlan, S.Ag., kondisi banjir seperti ini di dua lingkungan tersebut bukan hal baru melainkan sudah menjadi langganan.

Keadaan itu bukan karena disebabkan karena letak lingkungan yang rendah, melainkan karena kondisi saluran air (drainase) yang tidak memungkinkan lagi dengan besaran air yang masuk dari lingkungan lainnya.

"Di dua lingkungan ini kondisi rumah warga padat, dan saluran air ada di sisi kiri kanan jalan namun terlalu kecil dan tidak sepadan dengan besaran air. Jadi ketika hujan datang badan jalan berubah menjadi sungai. Dan saat kondisi badan jalan sudah sangat penuh masuk ke rumah warga," katanya. 

Dijelaskan Erna, kondisi banjir di dua lingkungan itu bukan semata-mata karena sampah, melainkan memang air yang masuk sangat besar, baik dari beberapa lingkungan diatasnya hingga dari ruas jalan nasional. 

Menurut Erna solusinya selain pembuatan drainase yang lebih besar lagi adanya pembagian pembuangan air. "Ini dampak karena berkurangnya resapan air, karena pesatnya perkembangan pemukiman dan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan lainnya," kata dia.

Oleh karena itu dia berharap adanya upaya dari pemerintah dalam mengatasinya. Karena dampak lain dari kondisi banjir yang dirasakan warga yakni kerusakan infrastruktur seperti longsor dan lainnya di sekitar lokasi. 

Warga setempat Dasril sangat mendukung apa yang diharapkan Lurah Erna. "Betul apa yang disampaikan ibu lurah, kami sudah bertahun-tahun menderita akibat kondisi banjir ini, dan sudah sering kali kami sampaikan tapi belum ada perhatian khususnya dalam mengatasi air," imbuhnya.

Sementara disampaikan Anggota DPRD Lambar Fraksi PDI Perjuangan Suharlan, pihaknya akan menyampaikan kepada rekan dewan lainnya terkait kondisi yang terjadi, untuk bersama disampaikan kepada Pemkab Lambar melalui dinas terkait. "Memang dari banjir ini bukan hanya menyebabkan kesusahan warga melainkan juga merusak infrastruktur apalagi kapasitas air yang cukup besar," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: