Gunakan Pakaian Khas Daerah, SMPN 1 Krui Gelar Upacara Memperingati Hardiknas Tahun 2022

Gunakan Pakaian Khas Daerah, SMPN 1 Krui Gelar Upacara Memperingati Hardiknas Tahun 2022

--

Medialampung.co.id — SMPN 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 yang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengenakan pakaian sesuai kekhasan daerah masing-masing yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, Selasa (17/5).

Kepala SMPN 1 Krui, Wina Astuti, M.Pd., menyampaikan, pelaksanaan kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hardiknas tahun 2022 dengan tema “Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar”, yang telah dilaksanakan itu diikuti dengan khidmat oleh para peserta upacara. 

Menurutnya, berdasarkan UUD 1945, tiap-tiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dan berhak untuk mendapatkan kemerdekaan belajar, serta berhak atas kemudahan akses dalam pembelajaran.

“Kita adalah bangsa yang tidak bisa berjalan sendiri. Kita harus bekerja sama, dan para pemimpin adalah nakhodanya,” katanya, Rabu (18/5).

Dijelaskannya, laksana kapal laut, nakhoda yang tak berkompetensi dan kurang peduli hanya akan membuat kapal menjadi karam dan tenggelam. Rasanya pendidikan juga demikian, pendidikan memerlukan nakhoda yang tahan banting dan pantang untuk berpatah arang. 

Semua orang bisa jadi pemimpin, namun pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab hanya muncul dari orang-orang yang hatinya tulus, bersih, dan senantiasa meninggikan rasa peduli.

“Diri kita sendiri adalah pemimpin. Masing-masing diri punya tanggung jawab untuk meningkatkan rasa peduli, meningkatkan rasa untuk terus ingin belajar, serta menjauhkan hati dari perasaan berpuas diri,” ungkapnya.

Masih kata dia, selama dua tahun pandemi ada hikmah yang bisa dipetik, khususnya dari dunia pendidikan. Yakni, para peserta didik bisa mendapatkan pembelajaran yang tidak hanya tatap muka, tapi juga terbiasa dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). 

Sehingga pengetahuan tentang internet itu sudah biasa dan lebih menyenangkan dan hal ini menjadikan peserta didik adaftif terhadap perkembangan teknologi.

“Kita berharap pada momentum Hardiknas tahun 2022 ini adalah sama, yaitu pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua dan masyarakat tetap bersinergi,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, bersemangat serta terus bergerak dalam proses kegiatan belajar dan mengajar meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, dalam rangka mewujudkan generasi emas yang kompeten (4.0) dan berakhlak mulia sekaligus memajukan pendidikan dan menggapai tujuan negara, yaitu untuk mencerdaskan Bangsa.

 

“Saya juga berharap momen Hardiknas ini bisa membangkitkan semangat siswa dalam belajar, semangat dalam mengukir prestasi dan sebagainya terutama di SMPN 1 Krui ini,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: