KKI Lampung Barat Gelar RACMIBY’24, Para Pemenang Diberi Dana dan Piagam

KKI Lampung Barat Gelar RACMIBY’24, Para Pemenang Diberi Dana dan Piagam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kabupaten Lampung Barat menggelar Racing Mini Bicycle 2024 (RACMIBY’24), yang dipusatkan di jalur dua Depan Kantor Bupati Lampung Barat, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balikbukut 19 Mei 2024.

Wakil Ketua KKI Lampung Barat, Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua KKI Kabupaten setempat Drs. Tono Suparman mengungkapkan, RACMIBY’24 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2024 yang ke-116, yang tahun ini bertemakan 'Bangkit Untuk Indonesia Emas 2045', serta untuk mempererat silaturahmi minak muakhi dan persaudaraan sesama masyarakat Kelurahan Way Mengaku dan Pasar Liwa khususnya dan Kecamatan Balik Bukit pada umumnya.

Khusus untuk kegiatan ini panitia mengambil tema 'Penduduk Berkualitas Menuju Indonesia Unggul (Quality Population Towards a Superior Indonesia)' dengan Sub Tema ’Ekspresikan Bakatmu dan Raih Prestasimu’ ini diikuti oleh Balita/TK/PAUD yang ada di Kelurahan Way Mengaku dan Pasar Liwa.

"Kegiatan RACMIBY’24 ini bersifat lomba atau adu kecepatan mengendarai sepeda mini dari start hingga finish yang berjarak 100 Meter," ungkap Sandarsyah.

BACA JUGA:PD Aisyiyah Pesisir Barat Peringati Milad ke-107, Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Pasar Murah

"Sebelum bendera start pertama dikibarkan, salah seorang orang tua peserta membacakan Pernyataan Sikap Bersama Orang Tua Anak Balita Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat yang diikuti seluruh orang tua peserta, yang dilanjutkan penandatanganan pernyataan sikap bersama," sambungnya.

Terusnya, adapun bunyi pernyataan sikap bersama tersebut adalah mendukung program pemerintah Seribu Hari Pertama Kehidupan (1.000 HPK), sejak dalam kandungan (270 hari) sampai dengan anak usia dua tahun (730 hari). 

Lalu siap berperan serta dalam setiap usaha memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat khususnya bagi anak Balita, Batita, dan Basata menuju Indonesia Emas 2045 serta mengajak berbagai fihak untuk peduli dan berkarya nyata terhadap kesehatan seluruh lapisan masyarakat. 

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak-anak balita  atau anak-anak TK/PAUD dalam berolahraga sepeda, serta menumbuhkan jiwa/rasa sportif atau dalam bahasa yang sederhana yaitu ksatria, siap untuk menang, juga untuk siap kalah. Karena jiwa sportif harus ditumbuhkembangkan sejak usia dini," jelasnya.

BACA JUGA:Stok Obat RSUD Ryacudu Kosong Akibat Terlilit Hutang, Komisi IV DPRD Lampung Utara Bentuk Pansus

Tujuan lain adalah memberi motivasi dan rasa percaya diri (optimisme) dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, memberikan semangat dan gairah hidup kepada seseorang agar selalu tabah dalam menghadapi setiap tantangan, serta menumbuhkembangkan sikap dan prilaku dalam berkompetisi di segala aspek kehidupan.

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tumbuh dan munculnya bakat dan minat terpendam dalam berolahraga sepeda di kalangan Balita/TK/PAUD di masa kini dan masa yang akan datang, serta mendapatkan manfaat yang meliputi peningkatan keterampilan, peningkatan kepercayaan diri, pengalaman sosial, pengembangan disiplin, dan sebagainya," pungkasnya.

Untuk diketahui, ada tiga orang Dewan Juri yang menilai peserta RACMIBY’24. Semuanya berasal dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)Cabang Lampung Barat.

Dalam perhelatan ini panitia RACMIBY’24  memberikan penghargaan berupa dana dan piagam untuk empat orang pemenang, Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, untuk Juara I (M. Kellen), Juara II (Sarkhan Paruiz Attarka), Juara III (Jones Saputra), dan Juara Harapan I (Afnan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: