Tak Selamanya Buruk, Konsumsi Makanan Pedas Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Tak Selamanya Buruk, Konsumsi Makanan Pedas Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Mengkonsumsi makanan pedas dapat mengurangi resiko kanker, namun jika berlebihan dapat berdampak buruk pada pencernaan-pxhere.com-

Cabai kaya akan vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Senyawa ini membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

 

2. Menurunkan Berat Badan  

Capsaicin, senyawa aktif dalam cabai, diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan peningkatan suhu tubuh setelah makan makanan pedas, proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat, yang membantu dalam proses penurunan berat badan.

 

3. Mengurangi Risiko Kanker  

Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. Ini membuat makanan pedas berpotensi menjadi bagian dari diet pencegahan kanker.

 

4. Menyehatkan Jantung  

Capsaicin tidak hanya bermanfaat untuk metabolisme, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2  

Makanan pedas juga diketahui membantu mengontrol kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: