Pj Gubernur Samsudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan SPAM Kota Bandar Lampung

Pj Gubernur Samsudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan SPAM Kota Bandar Lampung

SPAM Kota Bandar Lampung diresmikan Presiden Jokowi --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Presiden Joko Widodo, (Jokowi) didampingi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin, meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Bandar Lampung yang berlokasi di Kecamatan Tegineneng, Lampung Selatan, pada Senin 26 Agustus 2024.

Presiden menyampaikan bahwa SPAM Kota Bandar Lampung ini merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang dimulai pada tahun 2020 dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan air bersih, khususnya bagi rumah tangga.

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan bahwa pembangunan SPAM Kota Bandar Lampung ini telah menghabiskan anggaran sebesar Rp. 1,38 triliun dan mampu melayani kebutuhan air bersih hingga 60.000 rumah tangga.

"Saya melihat tadi airnya sangat bersih, dan menurut informasi dari Ibu Dirjen, kualitas airnya bahkan lebih baik daripada air kemasan, dengan NTU (Nephelometric Turbidity Unit) sebesar 0,278. Padahal standar Kemenkes adalah 3, sementara air kemasan biasanya memiliki NTU 0,8, jadi air ini lebih baik," ujar Presiden.

BACA JUGA:Sekdaprov Fahrizal Darminto Serahkan Raperda APBD Provinsi Lampung Tahun 2025

BACA JUGA:Nukman Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Perkemahan Wirakarya Cabang Lampung Barat

Untuk diketahui, NTU (Nephelometric Turbidity Unit) adalah satuan umum untuk mengukur kekeruhan air, dan merupakan standar kualitas air minum.

Presiden juga berpesan kepada Wali Kota dan Bupati setempat untuk mendorong penyambungan air dari SPAM ini ke rumah tangga agar semakin banyak warga yang mendapatkan akses air bersih.

Setelah memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo menekan tombol sirine dan menandatangani prasasti sebagai simbol peresmian SPAM Kota Bandar Lampung.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, saya nyatakan resmi dibuka," ucap Presiden.

BACA JUGA:Festival Nyeruit Lampung, Pj Gubernur Lampung Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Seruit

BACA JUGA:Mulai 8 September Bandara Radin Inten II Tambah Rute Penerbangan Langsung Lampung - Medan

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson, dan Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: