Ustadz Adi Hidayat : Sunnah-sunnah Jelang Ramadhan 2024

Ustadz Adi Hidayat : Sunnah-sunnah Jelang Ramadhan 2024

--

BACA JUGA:Pesan Ustadz Adi Hidayat : Perbaiki Sholatmu Maka Allah akan Sempurnakan Hidupmu

Banyak orang yang berpikir lebih baik bersedekah seperti zakat di bulan Ramadhan, pahalanya lebih banyak, akan dilipatgandakan, sehingga seharusnya zakat yang dikeluarkan di bulan Sya'ban menjadi ditunda ke bulan Ramadhan.

Hal seperti itu merupakan pemikiran yang kurang tepat, begitu ditunda sebelum masuk bulan suci Ramadhan tak ada yang tahu kapan ajal itu akan datang.

"Kalau ahli waris tidak tahu hal itu dan dibagi menjadi warisan akan menjadi bencana nantinya, jadi jika sudah ada kewajiban zakat dengan kadar tertentu sudah mencapai batas waktu, keluarkan, tapi tidak harus dihabiskan, dibagikan sesuai porsinya, nanti Ramadhan disebarkan lagi," kata Ustadz Adi Hidayat.

Di bulan Sya'ban atau menjelang Ramadhan dapat melakukan infaq harta tanpa batasan.

BACA JUGA:Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan Menurut Ustadz Adi Hidayat

Infaq terbagi dua, ada infaq wajib yaitu infaq suami kepada istri, infaq ayah kepada istri dan anak-anaknya.

Kendati dianjurkan sedekah, Nabi Muhammad SAW tidak menyebut amalan amalan tertentu secara spesifik karena itu para sahabat Nabi banyak beramal shaleh apapun yang dapat dikerjakan sebelum bulan Ramadhan.

"Ada yang sholat malam qiyamul lail, ada yang banyak beristighfar, tidak ada amalan spesifik, kalau ada hadits yang menunjukkan ibadah tertentu di malam pertengahan Sya'ban, maka disepakati oleh para ulama itu hadits palsu," terang Ustadz Adi Hidayat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: