Piutang Pinjaman Dana Bergulir BLUD di Lampung Barat Tembus Rp806 Juta

Piutang Pinjaman Dana Bergulir BLUD di Lampung Barat Tembus Rp806 Juta

Kepala UPT BLUD Lampung Barat Yudhy Primandha--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) di bawah naungan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Lampung Barat mencatat hingga Januari 2024, jumlah piutang pinjaman dana bergulir mencapai Rp806.549.860,00-

“Hingga Januari, jumlah piutang pinjaman dana bergulir pada BLUD sebesar Rp806 juta lebih untuk 181 mitra binaan,” tegas Kepala UPT BLUD Lampung Barat Yudhy Primandha, S.IP, MM,  Kamis 22 Februari 2024.

Dengan banyaknya jumlah tunggakan tersebut, lanjut dia, tahun ini pihaknya tidak menggulirkan pinjaman dana kepada mitra binaan namun fokus pada penagihan sehingga jumlah piutang pinjaman dapat berkurang.

“Target kita tahun ini adalah menurunkan jumlah piutang pinjaman sebesar 5 persen. Target tersebut sama dengan tahun 2023 lalu dan hasilnya tahun lalu tercapai target,” kata dia.

BACA JUGA:Jembatan Penghubung Pekon Pagar Dewa-Pekon Sukamulya akan Dibangun

BACA JUGA:Pelayanan Tera/Tera Ulang di Lampung Barat Gratis

Menurut dia, adapun kendala yang dihadapi pihaknya dalam rangka penagihan pinjaman dana bergulir yaitu pada saat pihaknya turun kelapangan ternyata usaha peminjam dana bergulir tidak berjalan/tutup.

“Mayoritas mitra yang pinjamannya menunggak tersebut dikarenakan usahanya telah bangkrut sehingga tutup,” kata dia 

Kendala lainnya, peminjam dana bergulir telah meninggal dunia dan pihak ahli waris tidak bertanggung jawab atas pinjaman.

Terkait adanya kendala tersebut, lanjut Yudhy, langkah langkah yang akan dilakukan Tim BLUD akan kembali melakukan penagihan piutang dan konfirmasi sisa pinjaman terhadap para pengguna dana bergulir, baik yang bersifat pinjaman atas nama perorangan/kelompok dan badan usaha koperasi yang masih menunggak sebagai tindak lanjut stressing BPK terhadap BLUD beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Akan Peringati HPSN dengan Bersih-Bersih Pantai

BACA JUGA:Disdikbud Pesbar Lakukan Perbaikan dan Sinkronisasi Dapodik SD-SMP

“Kita berharap jumlah piutang pinjaman dana bergulir BLUD kedepannya terus mengalami penurunan,” harapnya seraya menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada mitra yang telah meminjam dana bergulir untuk segera membayar pinjamannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: