Ekskul PMR SMAN 1 Pesisir Selatan Gelar Latgab PMR Wira se-Pesisir Barat

Ekskul PMR SMAN 1 Pesisir Selatan Gelar Latgab PMR Wira se-Pesisir Barat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Palang Merah Remaja (PMR) merupakan ujung tombak Palang Merah Indonesia (PMI) di tingkat sekolah. 

Dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dituntut untuk profesional dengan berlandasan pada tujuh prinsip dasar gerakan palang merah dan sabit merah internasional, yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

Karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas sebagai relawan, Ekskul PMR Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pesisir Selatan, bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah selesai melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) PMR Wira se-Kabupaten Pesbar selama dua hari sejak Sabtu 17 Februari 2024, sampai dengan Minggu 18 Februari 2024 malam kemarin.

Dalam kegiatan Latgab PMR Wira tersebut dihadiri Ketua PMI Kabupaten Pesbar Edy Mukhtar, S.P, CPIA., Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd., kepala/wakil kepala sekolah, Pembina ekskul PMR dan perwakilan guru, serta seluruh perwakilan peserta dari masing-masing sekolah tingkat SMA/sederajat yang ada di Kabupaten setempat.

BACA JUGA:Aksi Heroik Polisi Bantu Evakuasi Pasien yang Hendak Melahirkan Terjebak di Jalan Longsor Liwa-Krui

BACA JUGA:Temukan Atap dan Plafon Kantor Camat Pesisir Tengah Rusak, Agus Istiqlal Minta DPUPR Lakukan Perbaikan

Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, mengatakan, kegiatan Latgab PMR Wira se-Kabupaten Pesbar ini memang diselenggarakan oleh Ekskul PMR SMAN 1 Pesisir Selatan, dengan diikuti peserta seluruh perwakilan ekskul PMR siswa tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten setempat. 

Kegiatan yang telah dilaksanakan itu juga bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pesbar sebagai pemateri dan pelatihnya.

“Kegiatan Latgab tersebut diikuti oleh tujuh ekskul PMR putra/putri Sekolah Menengah se-Kabupaten Pesbar, yang dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 17-18 Februari 2024 di halaman SMAN 1 Pesisir Selatan,” katanya, Senin 19 Februari 2024.

Dijelaskannya, kegiatan Latgab tersebut juga dibuka langsung oleh ketua PMI Kabupaten Pesbar, dengan mengusung materi yakni kedudukan PMR di dalam PMI, sekolah siaga bencana, pertolongan pertama, kepemimpinan, simulasi besar mitigasi bencana, dan lomba Pembuatan Tandu Darurat(PTD). 

BACA JUGA:Harga Sembako Melonjak, Pemkab Lampung Barat Akan Gelar Operasi Pasar Murah

BACA JUGA:Harga Sembako Melonjak, Pemkab Lampung Barat Akan Gelar Operasi Pasar Murah

Semua pelaksanaan kegiatan Latgab itu berjalan lancar dan tidak ada hambatan hingga selesai penutupan sekaligus pembagian tropi kepada peserta terbaik dalam berbagai kegiatan Latgab tersebut.

“Dengan dilaksanakanya kegiatan itu, tentu kita mengucapkan terimakasih kepada pembina dan anggota ekskul PMR SMAN 1 Pesisir Selatan yang telah bersungguh-sungguh menyelenggarakan kegiatan ini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: