Wakil Presiden RI Memberi Peluang, Dimana Para Pengungsi Rohingya Ditampung

Wakil Presiden RI Memberi Peluang, Dimana Para Pengungsi Rohingya Ditampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pulau Galang yang berlokasikan di Kota Batam, Provinsi Riau, sempat digunakan sebagai tempat penampungan pengungsi asal Vietnam di beberapa waktu silam

Berdasarkan informasi yang beredar Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan peluang untuk menjadikan pulau tersebut, sebagai lokasi penempatan pengungsi Rohingya.

Ia menyebut bahwa lokasi penampungan dimana? Sebelumnya Pulau Galang pernah dijadikan tempat penampungan pengungsi asal vietnam

Hal tersebut disampaikan ma'ruf amin di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pihaknya menyampaikan. Dirinya akan membicarakannya lagi apakah akan seperti itu, dirinya menyebut bahwa pemerintah harus mengambil langkah-langkah solutif.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Pengungsi Asal Rohingya Melarikan Diri Hingga ke Indonesia

Wakil Presiden mengingatkan masalah pengungsi Rohingya sebagai masalah kemanusiaan yang mesti diatasi bersama.

"Mereka, bagaimanapun ini kemanusiaan. Karena kemanusiaan, harus kita tanggulangi,” Ungkapnya.

Ia mengungkapkan pengungsi Rohingya tidak mungkin ditolak. Namun sebelum ditampung, pemerintah Indonesia tentu perlu menyiapkan berbagai macam antisipasi. Baginya, ini penting agar tidak menimbulkan beban di kemudian hari bagi Indonesia, baik dari sisi negara maupun masyarakat.

"Selama ini, kan tidak mungkin kita menolak, tetapi juga tentu kita mengantisipasi jangan sampai kemudian ada penolakan oleh masyarakat, dan kemudian bagaimana supaya juga mengantisipasi jangan sampai nanti terus lari, semua larinya ke Indonesia, ke sini. Itu menjadi beban," jelasnya.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Mayarakat Aceh Menolak Pengungsi Rohingya

Tambah Kiaya Hi Ma'ruf Amin masalah pengungsi serupa turut dihadapi oleh negara-negara di Eropa seperti Yunani. Sehingga dirinya berharap ada pembahasan bersama di tingkat internasional, khususnya dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

"Kita akan bicarakan juga dengan UNHCR yang punya tanggung jawab masalah pengungsian di PBB. Ini harus dilakukan pembahasan bersama," ucapnya.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD memperinci jumlah pengungsi Rohingya di Indonesia, yang kini mencapai 1.478 jiwa.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Pengungsi Asal Rohingya Melarikan Diri Hingga ke Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: