Hadiri Rakornas PB, Nukman: Momentum Merumuskan Langkah-langkah Strategis

Hadiri Rakornas PB, Nukman: Momentum Merumuskan Langkah-langkah Strategis

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., menghadiri Rapat koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) sebagai momentum momentum penting untuk merumuskan langkah-langkah strategis meminimalisir bencana.

Acara tahunan berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada Rabu 24 April 2024. 

Rapat koordinasi Nasional penanggulangan bencana 2024 kali ini mengangkat tema Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana.

Pj Bupati Lampung Barat mengatakan, rapat koordinasi Nasional penanggulangan bencana 2024 tersebut menjadi momentum penting bagi dirinya beserta para pemangku kepentingan lain untuk merumuskan langkah-langkah strategis guna meminimalisir dampak bencana dan melindungi keselamatan serta kesejahteraan masyarakat Lampung Barat.

BACA JUGA:11 Anggota DPRD Pesisir Barat Absen dalam Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun 2023

"Partisipasi kami dalam rakornas ini adalah wujud dari komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan efektivitas penanggulangan bencana di Lampung Barat," ungkap Nukman.

Ia berharap dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat menciptakan strategi yang lebih efisien dan terintegrasi dalam menghadapi potensi bencana di masa depan khususnya di Lampung Barat. 

"Tentu saya berharap dengan mengikuti rakornas ini kedepannya akan mendapatkan informasi penting serta strategi-strategi yang kuat dalam menghadapi bencana yang bisa saja terjadi di Lampung Barat," lanjutnya. 

Nukman menegaskan pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas dalam menghadapi berbagai risiko bencana, serta memperkuat kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya pencegahan dan tanggap darurat bencana.

BACA JUGA:Polisi Amankan 5 Orang Pemasang Jeratan Babi yang Tewaskan Warga di Lumbok Seminung

"Perlu adanya komitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas dalam menghadapi berbagai risiko bencana, serta memperkuat kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya pencegahan tanggap darurat bencana," pungkasnya. 

Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi penyelenggaraan Rapat koordinasi penanggulangan bencana 2024. Menurutnya kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi penanggulangan bencana di Indonesia.

"Saya minta agar pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di dalam negeri untuk terus dioptimalkan. Dorong integrasi teknologi dan inovasi berbasis data yang valid, sebagai kunci terwujudnya efektifitas dan efisiensi aksi dini dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," kata dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: