Ternyata Ada 7 Keajaiban yang Belum Banyak Tahu

Ternyata Ada 7 Keajaiban yang Belum Banyak Tahu

--

Tikal memiliki sejumlah kuil piramida bertingkat yang mengesankan, diantaranya menjulang hingga 212 kaki atau 65 meter. Piramida lain yang dikenal dengan nama kuil I memiliki sembilan tingkat blok batu kapur serta berisi makam penguasa Jasaw Chan K'awiil I.

BACA JUGA:Inikah Alasan Masih Banyak Kepala Sekolah di Lampung Barat Belum Definitif

3. Newgrange di Irlandia

Newgrange, kerap disebut Stonehenge, merupakan situs kuno milik Irlandia. Newgrange adalah monumen berbentuk kubah yang dibangun sekitar 3200 SM. 

Situs itu dibangun penduduk Neolitikum di daerah yang kini disebut County Meath.Monumen setinggi 249 kaki atau 76 meter tersebut merupakan makam berlorong sepanjang 62 kaki atau 19 meter.

Lorong Itu memberi jalan pada ruang tengah tersembunyi, berupa cekungan batu berisi tulang yang dikremasi. Makam tersebut merupakan tempat terakhir bagi mereka yang dihormati.

BACA JUGA:7 Negara Ini Memiliki Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Situs tersebut terkenal dengan keistimewaan astronomisnya. Para pendiri mendesainnya supaya setiap siklus matahari musim dingin merupakan hari terpendek dalam waktu sehari.

Konstruksi bangunan membuat para arkeolog berspekulasi makam tersebut iayalah tempat ritual yang penting. Bahkan dapat digunakan juga untuk menandai awal tahun baru.

4. Longmen Grottoes di China

Situs ini merupakan koleksi sekitar 110.000 patung batu yang diukir dengan elegan. Tempat tersebut berlokasikan di dalam 2.300 gua batu kapur di Provinsi Henan, Tiongkok.

BACA JUGA:7 Negara Ini Memiliki Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Karya yang paling lama berasal dari abad ke-5 Masehi serta Dinasti Wei Utara. Namun, karya-karya yang baru masih terus ditambahkan hingga abad ke-10 berkat peran kaisar serta orang-orang kaya. Sebagian besar patung-patung Longmen menggambarkan tokoh tradisi Buddha.

Gua pada situs tersebut diantaranya merupakan Fengxian yang sangat besar. Gua itu memiliki ukiran Budha duduk setinggi 55 kaki yang diapit delapan murid serta penjaga surga. Sedangkan Gua Wan Fo Tung merupakan rumah bagi 15.000 patung Buddha, beberapa di antaranya setinggi 10 cm.

Area lainnya menampilkan tokoh-tokoh upacara dan prosesi kekaisaran. Pada Longmen Grottoes terdapat sekitar 2.800 prasasti yang diukir di atas prasasti batu. Selain itu terdapat Goa Resep Medis yang bertuliskan lebih dari 140 resep pengobatan kuno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: