Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Dorong Percepatan Realisasi Penyaluran KUR

Jelang Akhir Tahun, Pemerintah Dorong Percepatan Realisasi Penyaluran KUR

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah terus mendorong percepatan dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal tersebut mengingat realisasi penyaluran KUR yang masih jauh dari target.

Berdasarkan informasi yang beredar, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, realisasi penyaluran KUR sebesar Rp 199,8 triliun sampai dengan akhir Oktober lalu.

Nilai tersebut setara 67,3 persen dari target sebesar Rp 297 triliun. Sebagai informasi, target sebesar Rp 297 triliun tersebut merupakan revisi dari target semula penyaluran KUR pemerintah yang mencapai hingga Rp 450 triliun.

"KUR telah diberikan kepada 3,61 juta debitur dengan tingkat non performing loan (NPL/kredit macet) terjaga di angka 1,63 persen," tulis Kemenko Bidang Perekonomian, dalam keterangan resmi, dikutip dari Kompas.com Kamis 10 November 2023.

BACA JUGA:Bansos BPNT November 2023, per KPM Dapat Rp 2,4 Juta

Percepatan penyaluran KUR merupakan prioritas pemerintah, di tengah tren perlambatan ekonomi global, yang kini telah mulai dirasakan oleh Indonesia.

Melalui program kredit yang peruntukan UMKM tersebut, pemerintah berupaya mendongkrak kembali perputaran ekonomi.

Oleh sebab itu, pemerintah melakukan sejumlah upaya untuk mempercepat penyaluran KUR. Diantaranya, dengan monitoring serta evaluasi secara periodik terhadap penyalur KUR.

Kemudian, pemerintah membuka opsi sinergi pendistribusian KUR dengan kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah terkait.

BACA JUGA:Ratusan Peserta PPPK Lampung Barat Akan Ikut Seleksi Kompetensi, Ini Lokasinya

Lalu, optimalisasi proses pengunggahan data calon nasabah KUR baru oleh pemerintah daerah, relaksasi peraturan yang masih menimbulkan multitafsir dalam pelaksanaan di lapangan, juga mendorong percepatan implementasi Kredit Usaha Alsintan.

Terakhir, pemerintah akan mendorong penyalur KUR untuk melakukan upaya ekstra melalui pelaksanaan weekend banking dalam penyaluran KUR sesuai dengan kondisi juga kebijakan masing–masing bank penyalur KUR.

"Melalui berbagai strategi kebijakan tersebut, pemerintah berharap agar penyaluran KUR dapat dilaksanakan secara berkualitas dan dapat dioptimalkan sesuai target Rp 297 triliun pada tahun 2023," tulis Kemenko Bidang Perekonomian.*

BACA JUGA:Pohon Tumbang Tutup Jalan Liwa-Krui, Sempat Sebabkan Kemacetan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: