Warga Seberangi Sungai ke TPU, Fraksi PDI Perjuangan Minta Pemkab Pesisir Barat Bangun Jembatan Gantung

Warga Seberangi Sungai ke TPU, Fraksi PDI Perjuangan Minta Pemkab Pesisir Barat Bangun Jembatan Gantung

Untuk menuju ke TPU, warga Pekon Pemerihan masih harus menyeberangi aliran sungai--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Fraksi PDI Perjuangan, DPRD Kabupaten Pesisir barat (Pesbar) minta Pemerintah Kabupaten Pesbar, dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jembatan gantung di sungai Way Pemerihan, Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat yang menghubungkan ke lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Pekon setempat.

Anggota DPRD Pesbar dari Fraksi PDI Perjuangan, Mad Muhizar, mengatakan, pembangunan jembatan gantung untuk akses warga menyeberangi sungai Way Pemerihan itu sangat mendesak dilakukan. 

Karena itu, diharapkan  Pemkab setempat dapat menganggarkan pembangunan jembatan gantung di wilayah itu melalui APBD tahun anggaran 2024 mendatang.

“Kita berharap Pemkab bisa memprioritaskan pembangunan jembatan gantung di Pekon Pemerihan itu, karena itu sangat mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:70 Paket Kegiatan Selesai Lelang di LPSE Pesisir Barat

Dijelaskannya, masyarakat yang ada di wilayah itu sudah sejak lama menantikan adanya pembangunan jembatan gantung sebagai akses transportasi terutama untuk menuju ke lokasi TPU. 

Mengingat, jika masyarakat yang hendak memakamkan warga yang meninggal itu harus membawa jenazah dengan menyeberangi sungai terlebih dahulu untuk bisa sampai ke lokasi pemakaman.

“Kondisi itu jelas sangat dikhawatirkan, terlebih jika pada musim hujan nanti dna kondisi sungai dalam keadaan banjir, itu jelas sangat beresiko bagi masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, kata dia, Peratin Pekon Pemerihan itu telah menyampaikan usulan untuk pembangunan jembatan gantung di wilayah itu, tapi mungkin karena  usulan anggarannya cukup besar, sehingga sampai saat ini belum direalisasikan. 

BACA JUGA:BKPSDM Pesisir Barat Siapkan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK

Tapi sebelumnya, di lokasi itu juga sudah dilakukan pengecekan terkait kebutuhan anggaran untuk pembangunan jembatan gantung yang menyeberangi Way Pemerihan itu.

“Dari hasil pengecekan, bahwa untuk pembangunan jembatan gantung itu minimal membutuhkan anggaran sekitar Rp300-400 juta. Sehingga, kita minta agar Pemkab Pesbar dapat merealisasikan pembangunan jembatan gantung di wilayah itu melalui APBD tahun 2024 mendatang,” jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, masyarakat Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, mengharapkan kepada Pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk dapat membangun jembatan di sungai Way Pemerihan yang menghubungkan ke lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pekon setempat.

Pasalnya, dengan belum memiliki jembatan untuk menyeberangi sungai di wilayah tersebut, hingga kini masyarakat setempat harus terpaksa menyeberangi sungai dengan berjalan kaki, bahkan menggunakan rakit terutama saat hendak membawa jenazah untuk dimakamkan menuju lokasi di TPU yang sudah sejak puluhan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: