8 Korban Kebakaran di Lampung Barat Terima Bantuan dari Kementerian Sosial

8 Korban Kebakaran di Lampung Barat Terima Bantuan dari Kementerian Sosial

Penyerahan bantuan untuk korban kebakaran di Lampung Barat dari Kemensos--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dirjen Rehabilitasi Sosial Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS) Kementerian Sosial (Kemensos) menyerahkan bantuan kepada tujuh korban musibah kebakaran di Pekon Sukananti Kecamatan Way Tenong dan satu korban kebakaran di Pekon Waspada Kecamatan Sekincau, Jumat (13 Oktober 2023).

Bantuan tersebut diserahkan oleh perwakilan Dirjen Rehabilitasi STIS Kemensos, Rido Palimo Insano dan jajaran didampingi Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat dan aparat pekon.

“Alhamdulilah korban kebakaran di Pekon Sukananti dan Pekon Waspada mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial dan bantuan itu telah diserahkan hari ini kepada para korban bencana kebakaran,” ungkap Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Ferri Istanto mendampingi Kepala Dinas Sosial Jaimin, S.I.P, Jumat (13 Oktober 2023)

Dijelaskannya, bantuan tersebut berdasarkan usulan yang disampaikan oleh pihak korban melalui Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat, kemudian Dinas Sosial mengajukan ke Kemensos dan Jumat (13 Oktober 2023) bantuan tersebut disalurkan oleh pihak Kemensos. 

BACA JUGA:Tangkal Kenakalan Remaja, Kejari Lampung Barat Gelar JMS

“Bantuan yang diberikan berupa kasur dan seprai lengkap masing masing dua buah, lemari pakaian, alat masak lengkap, kompor gas lengkap dengan tabung, serta alat dapur seperti piring gelas dan lainnya,” ujar dia.

Terkait telah disalurkannya bantuan kepada korban bencana kebakaran tersebut, lanjut Ferri, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bersama masyarakat korban bencana kebakaran sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui STIS Kemensos RI yang sangat tanggap merespon usulan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. 

“Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban keluarga korban dan dapat dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Sekadar diketahui, sebanyak tujuh rumah di lingkungan Pasar Kamis, Pekon Sukananti, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat terbakar pada Jumat, 15 September 2023, sekitar pukul 02.30 WIB.

BACA JUGA:Enam Kali Gagahi Anak Kandung, Pria Paruh Baya Asal Sekincau Ini Harus Mendekam di Jeruji Besi

Camat Way Tenong Bowo Wibawono, mengatakan kebakaran itu berawal dari salah satu rumah yang berbahan kayu. 

Menurutnya, api diduga akibat korsleting listrik. Sebab saat kejadian warga masih tidur. Warga baru mengetahui setelah aroma kebakaran menyengat. 

Api kemudian menjalar ke rumah-rumah warga yang ada di sebelahnya sebab kondisi rumah warga berada di pemukiman padat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun salah satu korban yaitu Rexi mengalami luka bakar karena berupaya menyelamatkan diri sekaligus untuk memadamkan api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: