Puncak Festival Rempah dan Lada, Arinal: Bukti Kuat Komitmen Pemprov Lampung Kembalikan Kejayaan Lada Hitam

Puncak Festival Rempah dan Lada, Arinal: Bukti Kuat Komitmen Pemprov Lampung Kembalikan Kejayaan Lada Hitam

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Malam Puncak Festival Rempah dan Lada Tahun 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, di Halaman Transmart Mall, Bandar Lampung, Rabu malam 4 September 2023.

Dalam puncak acara ini ditandai dengan grinding lada hitam secara simbolis oleh Gubernur Arinal bersama perwakilan Kementerian Perindustrian dan Perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia serta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung.

Kemudian dilanjutkan meninjau stan dari perusahaan-perusahaan maupun IKM berbasis pertanian dengan memamerkan hasil kerajinan binaan Disperindag yang berasal dari 15 kabupaten/kota di Lampung.

Arinal menjelaskan berdasarkan data BPS Provinsi Lampung Tahun 2022, produksi rempah di Provinsi Lampung mencapai 19.710 ton.

BACA JUGA:Pertalite Diserbu Masyarakat, Pemprov Lampung Pastikan Tidak Ada Kelangkaan

Untuk produksi lada hitam mencapai 15.983 ton. Produksi lada hitam tersebut menjadikan Provinsi Lampung sebagai Provinsi dengan produksi lada hitam terbesar secara Nasional. 

Arinal berharap Festival ini mendorongan upaya mengangkat potensi dan kemajuan daerah. 

"Kita semua membagikan visi untuk melihat Provinsi Lampung terus bergerak maju, dan bersama-sama, kita akan mewujudkannya," kata Gubernur Arinal.

Lanjutnya, penyelenggaraan Festival diinisiasi Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindag merupakan bukti komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengembalikan kejayaan lada hitam Lampung, selain program-program peningkatan produksi dan produktivitas yang juga sudah dilaksanakan.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Fasilitasi Pencari Kerja Lewat Job Fair pada Gelaran Pekan Raya Lampung

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi untuk terlaksananya acara.

Ia juga berharap para pelaku industri rempah dan lada hitam dapat mengambil manfaat sebesar - besarnya dari acara ini, untuk memperluas jaringan dan mempromosikan produknya. 

"Mari kita terus berkolaborasi, bersinergi, dan berinovasi untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya," kata Arinal.

Kemudian Kepala Disperindag Lampung Elvira Umihani mengatakan kegiatan berlangsung pada dari Jumat, 29 September hingga Rabu 4 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: