Kualanamu Adalah Bandara Terbesar yang Diresmikan Presiden SBY

Kualanamu Adalah Bandara Terbesar yang Diresmikan Presiden SBY

--

BACA JUGA:Program KUR BRI 2023 Dilarang Untuk Digunakan Dalam 3 Hal Berikut Ini

Lokasi Bandara Kualanamu sebelumnya merupakan area PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa yang terletak di Beringin, Deli Serdang, wilayah setempat.

Pembangunan Bandara Kualanamu Deli Serdang, merupakan bagian dari Masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI), nertujuan untuk menggantikan Bandar Udara Internasional kolonia yang telah berusia lebih dari 85 tahun.

Bandara yang lokasinya di Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut diharapkan dapat menjadi bandara pangkalan transit internasional untuk kawasan Sumatera dan sekitarnya.

Untuk dana pembangunan Bandara termegah di Sumut tersebut diperkirakan menghabiskan hingga Rp5,8 Triliun. Biaya pembangunan juga telah disampaikan oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA:Klik Linknya DISINI! Klaim Saldo DANA Kaget 23 September 2023 Hingga Rp 63 Ribu

Selain itu Bandara ini memiliki panjang lintasan atau runaway pesawat 3,75 km yang cocok untuk pesawat besar berjenis Boeing 777.

Selain itu juga Bandara ini memiliki 8 garbarata. Sehingga menjadi Bandara kebanggaan masyarakat Indonesia, terlebih bandara ini difungsikan untuk melayani Kota Medan dan sekitarnya.

Bandara termegah di Sumatera Utara ini juga menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia, pasalnya bandara ini di tahun 2018 melayani 10,5 juta orang di tengah kapasitas penumpang mencapai 8 juta orang per tahun.

Kemudian dibangun pemerintah untuk menggantikan Bandara Kolonia yang berada di Medan.

BACA JUGA:Program KUR BRI 2023 Dilarang Untuk Digunakan Dalam 3 Hal Berikut Ini

Bandara termegah ini memiliki luas 1369 ha, sehingga tak heran jika banyak orang yang menilai Bandara Kualanamu menjadi salah satu bandara terbesar di indonesia.

Bandara Kualanamu menjadi salah satu bandara internasional, dibuka pada 25 Juli 2013 10 tahun yang lalu jika dihitung sampai dengan tahun 2023 ini.

Kemudian diresmikan pengoperasionalnya oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan peresmian pembangunan beberapa bandara di Pulau Sumatra pada 27 Maret 2014 sialam. 

Demikianlah informasi tentang bandara Kualanamu di deli serdang Sumatera Utara semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: