10 Alat Komunikasi yang Digunakan Manusia Sebelum Telpon

10 Alat Komunikasi yang Digunakan Manusia Sebelum Telpon

--

BACA JUGA:Inilah Salah Satu Hewan Tercepat di Bumi

*). Telegraf

Telegraf sendiri adalah sebuah alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan mesin telegraf dengan morse sebagai kode komunikasi. Meskipun alat ini menggunakan listrik dalam cara kerjanya, ini masih masuk daftar alat komunikasi tradisional.

*) Tangan (Isyarat Tangan)

Anggota tubuh kita ternyata juga bisa digunakan untuk alat komunikasi tradisional lho, Tangan biasa digunakan sebagai alat komunikasi antar manusia dengan bergerak sebagai bahasa isyarat dengan menggunakan jari-jemari agar lawan bicara mudah mengerti.

*) Peluit

BACA JUGA:Kungfu dan Karate Bukan dari China ataupun Jepang, Tapi dari India Selatan

Peluit juga salah satu alat komunikasi, ketika lawan bicara belum terlalu jauh jaraknya dari kita.

*). Terompet Keong

Alat komunikasi ini biasa digunakan oleh penduduk di sekitar pesisir pantai. Terompet keong ini digunakan sebagai penanda perkumpulan atau terjadinya suatu peristiwa untuk segera berkumpul.

*). Gong

BACA JUGA:Miris, Banyak Anak di Bawah Umur Putuskan Menikah

Gong selain berfungsi sebagai alat musik, gong juga banyak digunakan sebagai alat komunikasi tradisional. Gong biasa digunakan sebagai penanda dimulainya suatu acara dan juga media mengumpulkan orang-orang di satu tempat.

*). Asap 

Asap. Meskipun asap bukan benda yang utuh, asap biasa digunakan oleh orang-orang zaman dahulu. Asap digunakan sebagai alat pengirim pesan rahasia baik kepada teman maupun lawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: