Kungfu dan Karate Bukan dari China ataupun Jepang, Tapi dari India Selatan

Kungfu dan Karate Bukan dari China ataupun Jepang, Tapi dari India Selatan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Asal usul tehnik beladiri kungfu dan karate dianggap berasal dari benua Asia bagian timur yang jauh di sana, seperti China. Sedangkan seni beladiri karate dianggap berasal dari negara Jepang.

Namun kenyataan sebenarnya, awal mula kedua tehnik beladiri tersebut bukanlah berasal dari China ataupun Jepang, melainkan dari negara India.

Nama asli dari Karate atau Kungfu adalah Kalaripayattu atau biasa dikenal namanya kala itu iyalah Kalari. 

Istilah tersebut merupakan jenis beladiri kuno yang dipertunjukan india selatan, pada saat penjajahan inggris di masa itu.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif Mantan Kasir Minimarket Jadi Pengusaha Sukses

Di jaman itu, kalori atau Kalaripayattu dilarang oleh penjajah inggris, sebab dianggap jenis beladiri tersebut, merupakan seni beladiri yang cukup membahayakan.

Beladiri jenis Kalari dikenal karena dinilai memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Juga dipraktikkan dengan tangan kosong, tanpa penggunaan senjata apapun.

Teknik yang diperagakan merupakan gabungan dari kung fu China atau disebut wushu, tai chi, juga karate.

Hal tersebut disampaikan legendaris dari China, orang bijak Buddha bernama Bodhi Dharma atau juga dikenal sebagai Bodhidharma adalah seorang biksu semi-legendaris yang hidup pada abad ke-5 atau ke-6. Yang datang dari India ke Biara Shaolin, kuil utama sekolah Buddha Shaolin hingga hari ini.

BACA JUGA:Terpilih Secara Aklamasi, Puji Raharjo Nahkodai Tanfidziyah NU Lampung

Dia seorang yang ahli dalam seni bela diri kalaripayattu, Bodhidharma menyebarkan pengetahuan dan praktik seni bela diri tersebut di negara China, yang kemudian berkembang menjadi kung fu dan kemudian karate.

Sejarah keduanya. Awalnya, biksu ini memperkenalkannya untuk orang yang lemah secara fisik karena meditasi para biksu yang berkepanjangan, latihan gerakan teknik bela diri guna memperkuat tubuh mereka yang rapuh dan rentan.

Kalaripayattu. Seni bela diri di India telah ada selama lebih dari 3000 tahun dan disebutkan dalam Weda dianggap seni bela diri asli dan tertua di anak benua India, terutama di wilayah Kerala dan Tamil Nadu, yang di kembangkan hingga saat ini.

Menurutnya cerita rakyat kuno, dewa Wisnu mewariskan pengetahuan Kalaripayattu kepada orang bijak Parasurama dan dua puluh satu muridnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: