10 Alat Komunikasi yang Digunakan Manusia Sebelum Telpon

10 Alat Komunikasi yang Digunakan Manusia Sebelum Telpon

--

 BACA JUGA:Uang Kuno Seri Wayang Jadi Incara Para Kolektor, Seharga Satu Unit Mobil

*). Kentongan

Kentongan ini, salah satu alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat. untuk mengumumkan suatu kabar atau peristiwa yang terjadi. 

Salah satu contoh ketika ada peristiwa kebakaran, kemalingan, Dibunyikan untuk memancing warga untuk keluar rumah agar dapat memberikan pertolongan.

Bagi yang sudah paham, cara membunyikan kentongan pun tidak boleh asal, sebab ketika ada peristiwa tentu berbeda bunyinya saat memberi tahu waktu.

BACA JUGA:5 Suku di Indonesia yang Menolak Hidup Modern

Contoh jika memberi tahu waktu sahur, tentu bunyinya bernada lambat dan ada ketukan yang menunjukkan jam. Begitupun juga dengan waktu sholat, ashar, dzuhur dan magrib.

Apabila kentongang berbunyi ketika ada pristiwa, seperti kedatangan Gajah, atau kebakaran dan pencuri. Nadanya tentu lebih cepat seperti tergesa-gesa dan dicampur dengan suara manusia. 

*). Lonceng 

Biasa Lonceng digunakan di sekolah maupun di gereja sebagai penanda waktu.

BACA JUGA:Empat Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia

*) Merpati Pos

Berupa burung merpati, binatang ini mulai digunakan setelah manusia mengenal tulisan. Dengan memanfaatkan burung merpati sebagai media komunikasi karena burung merpati digunakan untuk menyampaikan pesan jarak jauh, dalam bentuk surat.

*). Telepon Kaleng

Zaman dulu juga sudah menggunakan Telepon kaleng untuk yang dihubungkan dengan benang agar bisa menyalurkan suara agar dapat didengar oleh lawan bicara dari jarak jauh. Namun, alat komunikasi ini hanya berfungsi pada jarak sekitar 5 sampai 10 meter saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: