Sudah Survey Perencanaan di Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Masih Tunggu Tindak Lanjut PLN

Sudah Survey Perencanaan di Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Masih Tunggu Tindak Lanjut PLN

Ilustrasi jaringan listrik-Freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hingga kini Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) masih terus berkoordinasi dengan pihak PT.PLN (Persero) mengenai tindak lanjut rencana pemasangan jaringan listrik menuju wilayah empat Pekon terisolir yakni Bandar Dalam, Siring Gading, Way Tiyas dan Way Haru di Kecamatan Bangkunat.

Kabag Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah (Setdakab) Pesbar, Ariswandi, S.Sos, M.P, mengatakan, sejauh ini Pemkab setempat tetap berkoordinasi dengan pihak PT.PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, terkait dengan perkembangan rencana pemasangan jaringan listrik Pekon 20 Kv di jalur Way Heni-Way Haru yang melintasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

BACA JUGA:3 Kabupaten Berisiko Tinggi Terdampak El Nino, BPBD Lampung Siap Lakukan Pendampingan

“Dari hasil koordinasi sebelumnya, pihak PT.PLN (Persero) bersama pihak dari TNBBS telah melakukan survey perencanaan di lokasi yang akan dipasang jaringan listrik PLN itu,” katanya, Kamis 31 Agustus 2023.

Dijelaskannya, survey yang telah dilakukan itu juga merupakan salah satu tindak lanjut untuk proses perizinan pemasangan jaringan listrik PLN yang melintasi TNBBS di wilayah itu kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

BACA JUGA:Pastikan Jarak Tempuh Logistik Pemilu, KPU Pesisir Barat Akan Monitoring Seluruh TPS

Karena itu, sampai saat ini terkait dengan perizinannya juga masih dalam proses, karena untuk perizinan itu dilakukan langsung oleh PT.PLN (persero).

“Pemkab setempat tentu berharap agar rencana pemasangan jaringan listrik PLN menuju wilayah terisolir tersebut bisa segera terealisasi, karena itu sudah sangat dinantikan masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Presiden Jokowi Ganti Mekanisme KUR Jadi Skor Kredit Tanpa Agunan

Terlebih, kata dia, dalam pengajuan untuk pemasangan jaringan listrik ke wilayah terisolir itu juga sudah cukup lama dilakukan oleh Pemkab Pesbar. 

Bahkan, pada November 2021 lalu, Pemkab Pesbar juga sudah berkoordinasi dengan PT.PLN (persero) UID Lampung mengenai rencana pemasangan jaringan listrik ke Way Haru tersebut.

Menurutnya, seperti disampaikan sebelumnya bahwa hasil koordinasi dengan PLN IUD Lampung pada 2021 lalu itu ada beberapa poin yang akan ditindaklanjuti oleh pihak PLN IUD Lampung.

BACA JUGA:Berkas Dinyatakan P21, Kasus Pencabulan Anak Tiri di Pesisir Barat Dilimpahkan ke JPU

Salah satunya PT.PLN IUD Lampung akan berkirim surat atau menghadap langsung ke KLHK sekaligus berkoordinasi dengan Balai Besar TNBBS dengan melengkapi beberapa persyaratan, antara lain, proposal dan rencana kerja, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: