Pastikan Jarak Tempuh Logistik Pemilu, KPU Pesisir Barat Akan Monitoring Seluruh TPS

Pastikan Jarak Tempuh Logistik Pemilu, KPU Pesisir Barat Akan Monitoring Seluruh TPS

Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan melakukan supervisi sekaligus monitoring ke Kecamatan.

Salah satunya untuk mengukur jarak tempuh logistik, dan lainnya di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 yang tersebar di 116 Pekon dan dua Kelurahan di 11 Kecamatan di Kabupaten Pesbar.

Ketua KPU Kabupaten Pesbar, Marlini, mengatakan, untuk memastikan jarak tempuh logistik Pemilu di 490 TPS yang ada di Kabupaten Pesbar akan diagendakan supervisi dan monitoring ke setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Pesbar mendatang.

“Mudah-mudahan bisa segera diagendakan, mengingat untuk di wilayah Kabupaten Pesbar ini ada beberapa lokasi TPS yang terletak di wilayah pegunungan dan lokasinya sulit dijangkau,” katanya, Kamis (31 Agustus 2023).

BACA JUGA:Berkas Dinyatakan P21, Kasus Pencabulan Anak Tiri di Pesisir Barat Dilimpahkan ke JPU

Menurutnya, mengenai pemetaan terhadap lokasi TPS itu telah diukur secara aplikasi melalui google maps sebagai laporan ke KPU Republik Indonesia (RI). 

Sehingga, untuk memastikan kembali mengenai jarak tempuh logistik Pemilu 2024 itu, maka KPU Pesbar akan turun ke Kecamatan.

“Kita berharap agar seluruh PPK dan PPS di Kabupaten Pesbar ini agar memaksimalkan penentuan lokasi TPS di wilayahnya tersebut,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, kedepan jangan sampai lokasi TPS yang telah ditentukan itu menjadi kendala, baik kendala dalam penyaluran logistik, maupun kendala bagi masyarakat yang akan datang ke TPS di Pemilu nanti. 

BACA JUGA:3 Kabupaten Berisiko Tinggi Terdampak El Nino, BPBD Lampung Siap Lakukan Pendampingan

Karena lokasi TPS juga akan menentukan partisipasi pemilih. 

Karena itu diharapkan dapat menjadi perhatian bagi PPK dan PPS.

“Untuk wilayah Pesbar ini sebagian besar merupakan wilayah pegunungan, karena itu masih terdapat beberapa TPS yang sulit dijangkau, dan ini harus menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Masih kata Marlini, beberapa TPS di wilayah Kabupaten Pesbar yang masih sulit dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, itu seperti di wilayah terisolir yang ada di Kecamatan Bangkunat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: